BNPB: Kepatuhan Masyarakat Sulawesi Tengah Pakai Masker Baru 78 %

Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo

PALU, Kabar Selebes – Sistem realtime penerapan protokol kesehatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menemukan fakta bahwa tingkat kepatuhan masyarakat Sulawesi Tengah memakai masker baru 78 % dan kepatuhan jaga jarak 75%.

Kurang patuhnya masyarakat memakai masker banyak ditemukan di tempat-tempat publik seperti perumahan, restoran, pasar dan pusat wisata. Sedangkan jaga jarak banyak terjadi di tempat olahraga.

“Upaya pencegahan harus jadi prioritas komponen bangsa. Oleh karenanya Kita semua harus kerja keras untuk memutus mata rantai dengan pencegahan,” kata kepala BNPB, Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo dalam rapat koordinasi penanganan COVID-19, di ruang polibu kantor gubernur, Selasa (10/11/2020).

Doni berpesan penerapan protokol kesehatan 3M sebagai vaksin terbaik sampai saat ini jangan sampai kendor. Apalagi pandemi COVID-19 tidak diketahui kapan akan berakhir. “Vaksinnya pun masih dalam proses,” ujar Doni.

Doni pada kesempatan itu juga mengingatkan agar penanganan COVID-19 dapat lebih ditingkatkan.

Ia menilai upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 masuk dalam kategori bagus. “Sulteng ini termasuk dalam kategori relatif sangat kecil. Angka kematian di bawah 50,” jelas Doni.

Meski begitu, Doni bilang tingkat fatality rate-nya masih harus mendapat perhatian khusus dan antisipasi. Sehingga ke depan, jatuhnya korban jiwa akibat terpapar COVID-19 dapat diminimalisir dengan baik.

Doni mengimbau agar seluruh komponen Pemerintah Provinsi Sulteng tidak berpuas diri atas capaian penanganan COVID-19. Dia tetap meminta agar masyarakat tetap waspada dan selalu kompak.

“Kondisi ini mudah-mudahan tidak membuat kita semua berpuas diri. Masyarakat tidak boleh lengah dan tetap waspada,” pungkasnya. (*/ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

“Tulisan ini merupakan bagian dari program Fellowship antara Dewan Pers bersama Satgas Covid-19”

Silakan komentar Anda Disini….