Digelar Hari Ini, Paslon Diharapkan Dapat Maksimalkan Waktu Pada Debat Kandidat Putaran Kedua Pilkada Palu

Ketua KPU kota Palu, Agus Salim Wahid menghadiri acara Podcast ini Palu, Selasa (10/11/2020). (Screenshot Via FaceBook Podcast Palu)

PALU, Kabar Selebes – Debat putaran kedua pasangan Calon (Paslon) walikota dan Wakil walikota Palu putaran kedua akan diselenggarakan hari ini, Rabu (11/11/2020). Pada debat kali ini, Paslon diharapkan lebih dapat memaksimalkan waktu pada setiap segmen dibandingkan debat sebelumnya.

“Misalnya diberikan waktu selama tiga menit, mereka betul-betul bisa memanfaatkan waktu untuk menyampaikan Visi Misi 3 menit,” kata ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Agus Salim Wahid, Selasa (10/11/2020).

Hal itu dikatakan Agus berdasarkan hasil evaluasi pada debat putaran pertama. Banyak masyarakat kata dia yang meminta para Paslon untuk lebih memanfaatkan waktu yang telah diberikan.

Selain itu, Paslon diharapkan untuk memberikan pertanyaan yang hanya berkaitan dengan tema debat, serta tidak memunculkan pertanyaan ataupun argumen yang menyerang kandidat lain.

“Misalnya menyerang secara person seperti itu. Begitupun tidak boleh menyela pertanyaan yang disampaikan pasangan calon lain,” lanjutnya. 

Untuk itu kata dia, hal ini telah dipertegas kepada para Paslon agar bisa betul-betul matang mempersiapkan diri untuk menyampaikan inti dari poin Visi-misi.

Sementara, tema dalam debat putaran kedua kali ini yakni “Menyelesaikan persoalan dan memajukan daerah”. Pihak KPU pada debat kali ini telah menyiapkan 6 segmen.

Agus menyebutkan debat putaran kedua kali ini ada dua segmen yang berbeda dibandingkan debat putaram pertama. “Ada namanya segmen inspiratif, dan ada juga segmen pertanyaan yang dimunculkan oleh masyarakat nantinya,” katanya.

Dijelaskan pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat dalam segmen yang baru akan beririsan dengan tema yang disediakan.

Sehingga kata Agus, lewat pertanyaan seputaran tema debat itu, para kandidat dapat mengesplore jawaban lewat visi-misi yang mereka hadirkan.

“Kemudian juga bisa memberikan referensi bagi masyarakat, sehingga nantinya bisa menjadi kazanah masyarakat untuk bisa menentukan pilihannya di 9 Desember,” katanya. 

Sementara itu dijelaskan kesiapan dan aturan pada debat putaran kedua kali ini tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya. Para kandidat utamanya diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dan tidak membawa iringan massa.

Dengan demikian, pihak KPU kata Agus telah siap untuk mensukseskan acara debat putaran debat kedua Pilkada Palu. Debat putaran kedua kali ini bisa disaksikan langsung lewat siaran stasiun televisi TVRI ataupun radio RRI serta live streaming Facebook. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….