Sulteng Jadi Provinsi Terendah ke-4 Penyebaran Covid-19 di RI

Peta sebaran Covid-19 di Indonesia. (Sumber: Covid19.go.id)

PALU, Kabar Selebes – Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga saat ini menjadi provinsi terendah ke-4 untuk angka kasus penyebaran Covid-19 se-Indonesia.

Berdasar data Covid-19.go.id tertanggal 10 November 2020, Sulteng menjadi terendah ke 4 setelah mencatat  jumlah Kasus Covid-19 sebanyak 1,047 dengan persentase 0.2%. Sementara, provinsi dengan angka kasus paling rendah ialah daerah Kepulauan Bangka Belitung, disusul Nusa Tenggara Timur serta Kalimantan Barat.

Data itu senada dengan apa yang disampaikan Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg. Palabbi, pada rapat koordinasi bersama kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardi, Selasa (10/11/2020).

Sedangkan kesembuhan pasien mencapai 73,45% atau setara 769; mortalitas (kematian) 4,01% atau setara 236 dan jumlah sampel dalam proses lab sebanyak 127.

“Data tersebut menunjukkan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah sebagai daerah dengan kasus penyebaran terendah secara nasional dengan urutan ke-31 dari 34 provinsi,” jelasnya.

Dalam penanganannya lanjut dia, Sulawesi Tengah memiliki 6 rumah sakit rujukan Covid-19, 3 alat PCR, APD, obat-obatan dan ketersediaan tenaga medis yang memadai di 13 kabupaten/kota.

Meski menjadi daerah terendah ke-4, Rusli menyatakan selama menangani pandemi masih menemui beberapa poin permasalahan. Poin itu ialah belum optimalnya edukasi ke masyarakat, penertiban di tempat-tempat keramaian, tracking di kabupaten/kota dan kepatuhan protokol kesehatan 3M.

Selain itu, ada beberapa item medis kata dia yang masih kurang, meliputi reagen PCR, baju hazmat, handscoon steril dan nonsteril, masker, faceshield dll. (*/ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….