223 Pemuda Terbaik Sulteng Lulus Seleksi Bintara Polri

oleh -
Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Hery Santoso, membuka dan memimpin langsung pelaksanaan Sidang terbuka kelulusan penerimaan bintara Polri di Hotel Best western Palu.(Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Setelah melalui seleksi sejak bulan Agustus 2020, sebanyak 223 putra-putri terbaik Sulawesi Tengah akhirnya dinyatakan lulus memenuhi syarat untuk pendidikan menjadi anggota Bintara Polri.

Hal tersebut diketahui dalam pelaksanaan Sidang terbuka kelulusan tahap akhir penerimaan bintara Polri tahun anggaran 2020 Polda Sulteng yang berlangsung Jumat (13/11/2020) di Hotel Best western Palu.

Kapolda Sulteng diwakili Wakapolda, Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol. Hery Santoso membuka dan memimpin langsung pelaksanaan Sidang terbuka kelulusan penerimaan bintara Polri, didampingi Karo SDM, PJU selaku Ketua tim seleksi, pengawas internal, pengawas eksternal dan peserta seleksi.

Kabidhumas Polda Sulteng, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Didik Supranoto mengatakan, hingga tahap akhir seleksi peserta tersisa 224 orang terdiri dari 212 pria dan 12 wanita.

“Akan tetapi pada saat pelaksanaan sidang akhir tadi malam, dari 224 orang yang dinyatakan lulus memenuhi syarat, sebanyak 223 orang terdiri dari pria 211 dan wanita 12 orang artinya ada satu orang dinyatakan tidak memenuhi syarat,” sebut Didik melalui rilis resmi yang diterima media di Palu, Sabtu (14/11/2020).

Dijelaskannya, satu orang dinyatakan tidak memenuhi syarat tersebut merupakan temuan tim supervisi panitia pusat.

Dari 223 peserta seleksi yang dinyatakan lulus memenuhi syarat, 195 orang terdiri dari 186 pria dan 9 wanita merupakan peserta seleksi dari jalur Polisi tugas umum (PTU). Sementara itu, 19 orang pria lulus dari jalur seleksi bintara kompetensi khusus (Bakomsus) dan 9 orang dari Rekrutmen proaktif (Rekpro).

Mantan Kapolres Kolaka ini juga menjelaskan Rekrutmen proaktif adalah untuk mereka yang berprestasi dibidang akademik atau olahraga.

Selain itu turut serta dari daerah terpencil dan atau Pulau terluar,  anak anggota Polri yang gugur dalam menjalankan tugas kepolisian (khusus Sulawesi Tengah yakni korban tsunami Palu) dan anak masyarakat yang berperan aktif  berkontribusi dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Sulteng.

“Mereka yang dinyatakan lulus, untuk pendidikan polisi wanita (Polwan) akan diberangkatkan pada hari Minggu besok, sementara untuk yang pria akan mengikuti pendidikan di SPN Polda Sulteng,” pungkasnya. (maf/ap/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....