Polda Sulteng Musnahkan Barang Bukti Narkoba Seberat 8,5Kg

oleh -
Wakapolda Sulteng, Brigjen Hery Santoso melakukan pemusnahan narkoba di Halaman Kantor Polda Sulteng, Jalan Soekarno-Hata, Kota Palu, Senin (16/11/2020). (Foto: Mohammad Arief/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu- sabu seberat 8,5 Kg, di halaman kantor Polda setempat Jalan. Soekarno Hatta, Kota Palu, Senin (16/11/2020).

Pemusnahan yang dipimpin langsung Wakapolda Sulteng, Brigadir Jendral (Brigjen) Hery Santoso dan didampingi Kepala Direktorat Reserse Narkoba, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Aman Guntoro dilakukan dengan cara direbus dalam air mendidih, lalu diaduk bersama deterjen di dalam dua belanga besar.

Barang bukti sabu yang dimusnahkan berasal dari dua perkara, yakni perkara dari tersangka M Rialdi alia Vino dan perkara dari tersangka Unrianto dan Supeno.

Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Sulteng, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sembiring menyebutkan, barang bukti yang dimusnahkan cukup banyak, Berat totalnya keseluruhan mencapai 8.543,53 Kg.

“Barang bukti ini sangat banyak. Kami juga ada pengujian kualitas barang untuk menegakkan kandungannya,” terang Brigjen Pol Heri Santoso dalam sambutannya.

Dia berharap, upaya pengungkapan kasus perlu kedepannya perlu diintensifkan lagi.

Apalagi secara geografis wilayah Sulteng cukup luas sehingga banyak alternatif pintu masuk yang dimanfaatkan oleh pengedar untuk memasukkan barang haram itu ke wilayah setempat.

Selain itu, sinergitas penegakan hukum dan pencegahan perlu diintensifkan mengingat Sulteng merupakan lokasi strategis sebagai pelintasan peredaran Narkotika yang tidak menutup kemungkinan akan terus mengalir.

“Kiranya aparat berwenang dapat bertindak dengan sistem preentif dan preventif dari semua lintas sektor. Hal ini untuk mewujudkan daya cegah dan daya tangkal terhadap peredaran narkotika, yang terus signifikan meningkat, terlebih Sulteng peringkat 4 se- Indonesia peredaran narkoba,” pungkasnya.

Turut hadir pemusnahan itu pihak perwakilan Kejaksaan Tinggi Negeri Sulteng, Kemenkumham, BNNP Sulteng, dan Balai BPOM Sulteng, dan Pengadilan Tinggi Negeri Sulteng. (maf/ap/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....