TNLL Evaluasi Kepatuhan Penerapan Protokol Kesehatan Pengunjung di Danau Tambing, Ditutup Lagi?

oleh -
Sejumlah pengunjung menikmati keindahan Objek Wisata Alam Danau Tambing (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Sempat ditutup dan dibuka kembali di tengah pandemi Covid-19, penerapan protokol kesehatan objek wisata alam Danau Tambing kini kembali dievaluasi.

Evaluasi salah satu objek wisata di Kabupaten Poso itu dengan mengamati langsung pola perilaku pengunjung berwisata pada tatanan kehidupan new normal. “Apakah bisa mematuhi protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” kata Kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Jusman, kepada Wartawan saat meninjau langsung penerapan Prokes, Minggu (15/11/2020).

Selain evaluasi Prokes, yang turut diamati adalah kepatuhan pengunjung terhadap aturan tambahan lainnya seperti larangan membawa gitar, tidak membawa Sound System, dan penanganan sampah.

Jusman menuturkan sejak dibuka di tengah ancaman Pandemi Covid-19, jumlah pengunjung dibatasi hanya 20 persen atau 200 orang dari maksimal daya tampung sebanyak 1000 orang.

Jumlah itu pun kini telah ditingkatkan menjadi 30% berdasar hasil evaluasi sebelumnya seiring dengan penyebaran Covid-19 di Sulteng relatif lebih aman dibanding dengan daerah lain.

Sementara itu, evaluasi kali ini turut dilakukan menjelang akhir tahun di mana animo masyarakat untuk berkunjung sangat luar biasa.

Demikian, apakah nantinya Wisata alam danau tambing akan kembali ditutup?

Jusman bilang sebab yang mengambil keputusan adalah pimpinan pusat. Maka, hasil evaluasi kali ini akan terlebih dahulu dilaporkan kepada pimpinan.

Meski yang mengambil keputusan adalah pimpinan pusat, Jusman menuturkan berdasar evaluasi masyarakat relatif masih bisa dikendalikan, meski ada satu dua orang pengunjung yang agak bandel.

Dalam laporannya nanti, pihaknya akan meminta kapasitas pengunjung untuk lebih ditingkatkan. “Kami akan melapor ke pimpinan apakah kami diizinkan untuk meningkatkan sampai 50%,” terangnya. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....