Girls Canlead Ajak Komunitas Peduli Jaga Laut Melalui Gerakan Nyata

oleh -
Aksi bersih-bersih sampah di pantai oleh komunitas anak muda di Poso. (Foto: Istimewa)

Wujud Kepedulian Terhadap Kelestarian Laut Dan Pantai Kabupaten Poso

POSO, Kabar Selebes – Laut di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah memiliki pesona pantai yang begitu indah. Dibutuhkan peran serta dari berbagai kalangan masyarakat untuk menjaga keindahan laut Poso, begitu juga vegetasi di dalam lautnya terutama bebas dari sampah agar ekosistem alam khususnya laut Poso tetap terjaga.

Sebuah wujud kepedulian terhadap kelestarian laut dan pantai kabupaten Poso ditunjukan oleh anak-anak muda di Poso dalam kegiatan yang bertema Girls Fight Marine Debris.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Girls Canlead bekerja sama dengan Econusa ini, merupakan program untuk mengajak seluruh Komunitas di Poso melakukan gerakan aksi nyata dalam menjaga laut. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kampung Nelayan Kalamalea Kelurahan Madale Poso Kota Utara pada Sabtu dan Minggu 14-15 November 2020.

Kegiatan jaga laut ini juga dikemas begitu menarik, berbagai acara yang dipertontonkan seperti, dialog perempuan pesisir, Camping Ground, penampilan seni musik, puisi, mural, pameran foto, pameran produk hasil laut oleh ibu-ibu Kampung Nelayan Kalamalea dan temu lintas komunitas.

Tidak hanya sebatas itu, sekitar 25 Komunitas yang hadir dalam kegiatan tersebut menyelenggarakan deklarasi jaga laut dan membubuhkan tanda tangan di spanduk sebagai bukti komitmen anak muda menjaga lingkungan dan vegetasi laut. Selain itu, pada akhir acara seluruh komunitas melaksaanakan aksi membersihkan sampah di pantai dan laut.

Dalam aksi bersih-bersih sampah laut dan pantai, selain melibatkan masyarakat kampung nelayan Kalamalea, juga melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Poso, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan BPBD kabupaten Poso.

Rini Handayani, salah satu kordinator Girls Canlead mengungkapkan, pada aksi bersih-bersih, total sampah yang terkumpul seluruhnya 363 Kg dari berbagai jenis baik sampah plastik, Non plastik/keramik yang didapatkan dari pinggiran pantai dan dasar laut.

Kegiatan ini juga mengedukasi masyarakat sekitar dan anak muda untuk melakukan diet plastik. Ratusan tempat minum atau Tumbler dan masker turut dibagikan ke masyarakat. Tak ketinggalan tempat-tempat sampah juga diberikan kepada ibu-ibu rumah tangga dengan harapan mereka tidak membuang sampah rumah tangga ke pantai dan laut. (rdn/ap/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....