Kodim 1307 Poso Gelar Kegiatan Peningkatan Kemampuan APKOWIL Para Babinsa

oleh -
Rangkaian kegiatan pembukaan peningkatan kemampuan APKOWIL yang dilaksanakan Kodim 1307 Poso, Selasa (17/11/2020).

POSO, Kabar Selebes – Komando Distrik Militer (Kodim) Kodim 1307 Poso menggelar kegiatan peningkatan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (APKOWIL) 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Indor Makodim 1307 Poso di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1 Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit jajarannya, Selasa (17/11/2020).

Kegiatan ini dibuka Kepala Staf Kodim 1307 Poso, Mayor Inf Ahmad Jayadi mewakili Komandan Distrik Militer (Dandim).

Dalam kegiatan itu turut pula dihadiri seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 1307 Poso.

Dalam sambutannya, Ahmad Jayadi mengatakan, kegiatan ini merupakan program satuan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan agar setiap prajurit atau Babinsa yang ada di Kodim 1307 Poso dapat meningkatkan wawasan, kemampuan, dan keterampilan sebagai aparat kewilayahan.

Dikatakannya, sebagai aparat kewilayahan terutama Babinsa harus mampu melakukan pembinaan dan memahami kondisi yang ada di wilayahnya, baik Geografi, Demografi maupun Kondisi Sosial untuk mempersiapkan wilayah dan menciptakan Rak juang yang tangguh demi kepentingan pertahanan negara.

Dimasa Pandemi Covid-19 saat ini, kata dia, para Babinsa mendapat tantangan yang baru karena harus tetap menjaga kesehatan sekaligus menjadi pelopor dalam menerapkan protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, Babinsa juga harus mengedukasi kepada masyarakat yang ada diwilayahnya untuk berusaha memutus matarantai penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan ini para Babinsa Kodim 1307 Poso juga mendapatkan penyuluhan kesehatan dari Dinas Kesehatan Poso yang diberikan Abdu Umar, Apt, M. Kes selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan.

Abdu Umar menyampaikan, Covid 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Corona.

Virus ini, kata dia, menular melalui percikan air liur atau droplet yang dihasilkan saat orang terinfeksi kemudian batuk, bersin atau menghembuskan nafas.

“Itulah sebabnya setiap orang diwajibkan untuk menggunakan masker sebagai upaya mencegah penularan Covid-19,” tegasnya. (rdn/rlm/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....