Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Pilkada, PLN Palu Gelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan

  • Bagikan
Sejumlah peralatan PLN UP3 Palu yang digelar pada saat apel kesiapsiagaan pasukan di Lapangan Sapta Marga Faqih Rasyid, Kota Palu, Rabu (18/11/2020). (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Guna memastikan keamanan pasokan listrik menjelang Pilkada, Natal dan Tahun Baru 2021, PT PLN (Persero) ULW Sullutenggo UP3 Palu menggelar apel siaga pasukan dan peralatan di Lapangan Sapta Marga Faqih Rasyid, Kota Palu, Rabu (18/11/2020)

Manager PLN UP3 Palu, Wardi Hardi dalam laporannya menyatakan ada 36 posko Unit layanan Pelanggan (ULP) yang disiagakan dengan jumlah personel sebanyak 251 orang. 

Personel dan posko itu tersebar di Kabupaten Kota di Sulawesi Tengah antara lain ULP Kamonji, Palu Kota, Donggala, Tawaeli, Tambu, Tentena, Poso, Kolonedale, dan Bungku.

“Saat ini kita punya cadangan daya sistem sebesar 65 Mega Watt, dengan beban puncak sistem sekitar 151 Mega Watt,” terangnya.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola saat meninjau langsung perlatan PLN UP3 Palu (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

Dijelaskan PLN juga menyiagakan 8 unit Genset Mobile/UGB untuk membackup acara-acara penting disesuaikan dengan kapasitas daya yang dibutuhkan.

Selain itu, sebanyak 1029 gardu telah dilakukan pemeliharaan dan 2787 KMS jaringan telah dilakukan pemeliharaan agar pasokan listrik aman.

Wardi menuturkan, guna mengantisipasi terjadi gangguan atau kondisi darurat, semua personel terlebih khusus kepada Tim Pelayanan Teknik, Tim PDKB diharapkan dapat bersiaga dalam pengamanan sistem kelistrikan selama 24 jam.

“Apel siaga yang dilaksanakan ini merupakan komitmen PLN UP3 Palu dalam menjaga sistem kelistrikan agar handal dan lebih responsif terhadap penanganan keluhan serta pengaduan pelanggan selama periode Pilkada,” katanya.

Demikian, PLN sebagai penyedia jasa kelistrikan berkomitmen penuh menyukseskan pelaksanaan Pilkada, perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola yang juga memimpin apel Siaga kali ini mengapresiasi kesiapsiagaan PLN utamanya menyambut pagelaran Pilkada.

Menurutnya, pasokan tenaga listrik sangat penting adanya untuk mensukeskan pesta demokrasi Pilkada serentak yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020.

“Penyelenggaran Pilkada ini sangat membutuhkan energi listrik yang maksimal tanpa hambatan dan tanpa gangguan,” ujarnya.

Kesiagaan ini diharapkan dapat dibarengi dengan peralatan yang berkualitas dan dilengkapi dengan tenaga ahli yang handal. Agar pasokan energi listrik bisa lebih maksimal pada perhelatan Pilkada, Natal dan Tahun baru 2021

“Sehingga nantinya jika ada permasalahan yang ada bisa segera teratasi dengan mudah tanpa menunggu. Maka kordinasi dalam menjalankan tugas harus berjalan dengan baik, tetap kompak dalam kebersamaan dan tugas,” katanya. (ap/fma)

Laporan: Adi pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Dua Jenazah Anggota MIT Poso Tiba di RS Bhayangkara Polda Sulteng

PALU, Kabar Selebes - Dua jenazah anggota kelompok bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berinisial W...

Close