Job Matching SMK N 3 Palu, Legakan Para Pencari Kerja di Tengah Pandemi

oleh -
Salah satu pelamar kerja pada kegiatan Job matching SMK N 3 Palu. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – SMK Negeri 3 Palu bersama SMK aliansi kembali menggelar Program Job Matching. Kegiatan yang berlangsung di halaman SMK 3 Palu, Kamis (19/11/2020) diikuti oleh 12 perusahaan industri se- Kota Palu.

Kepala SMK N 3 Palu, Triyono menuturkan, ada sekitar 50 Lowongan pekerjaan yang dibuka oleh beberapa industri mitra pada Job Matching kali ini. 

“Lowongan tenaga kerja itukan peluang di tengah pandemi. Banyak perusahan katanya yang mandek katanya tidak operasi tetapi masih ada industri-industri yang mereka peduli dengan anak-anak kita khususnya di Kota Palu,” ujarnya.

Dijelaskannya job matching merupakan rangkaian dari program pusat pengembangan karier siswa (PPKS). Program itu merupakan gabungan antara program sebelumnya yang bernama Bursa kerja khusus (BKK).

Pada prosesnya kata dia, siswa mulai sejak dini telah diberikan latihan praktik (PKL)  oleh industri sesuai jurusannya masing-masing. Usai melaskanakan PKL para siswa diberi sertifikasi oleh perusahan sesuai kompetensi masing-masing siswa.

Selain itu, Triyono bilang PPKS juga merupakan upaya peningkatan link and match antara perusahan dan juga pihak sekolah.  Apalagi perusahaan mempunya posisi penting menampung lulusan SMK yang ujungnya akan menjadi tenaga kerja .

“Sehingga pembinaan siswa SMK itu sejak masuk. Kemudian bagaimana setelah dia masuk mengenali betul jurusan yang dipilih, sehingga mereka betul-betul nyaman dengan jurusannya,” katanya.

Demikian, pihaknya mempersilahkan kepada semua anak lulusan sekolah utamanya SMK untuk turut mendaftar. Apalagi program kali ini pasti akan ada yang diterima sesuai user ataupun kebutuhan dari pihak industri mitra..

Pada kesempatan itu turut dilakukan Penandatanganan MOU antara pihak sekolah dengan pihak induka, sebagai bentuk komitmen link and match. Kedepan pihak sekolah juga menargetkan 100 industri mita di tahun 2021. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini....