KPU Sulteng Siapkan Baju Hazmat Khusus Pemilih Bersuhu di Atas 37,3 Derajat

oleh -
Petugas KPPS Sulteng melakukan simulasi pelayanan terhadap DPT bersuhu di atas 37,3 Derajat (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat bagi pemilih suhu badannya di atas 37,3 derajat Celcius pada Pilkada Serentak 2020.

Hal itu diungkapkan divisi teknis KPU Sulteng, Iskandar Lembah saat menggelar simulasi pemilihan dan pemungutan suara di Lapangan Vatulemo kelurahan Tanamodindi, Kota Palu, Sabtu (21/11/2020). Pada kesempatan itu turut dilakukan simulasi penanganan terhadap pasien terindikasi Covid-19.

“Apabila ada yang (Pemilih) di atas 37 atau melebihi maka petugas KPPS akan melakukan baju hazmat,” jelasnya.

Menurutnya, yang menjadi kendala saat ini adalah pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), hanya disiapkan baju Hazmat sebanyak 1 pcs. Hal ini akan menjadi kendala apabila pada setiap TPS kedapatan lebih dari satu Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terindikasi Covid-19.

“Apabila ada 1 atau 2 orang yang terindikasi maka tentu kita akan berkordinasi dengan TPS yang terdekat, nah apabila TPS terdekat yang memberikan baju dan terjadi juga di TPS itu hal yang sama, maka kita akan kekurangan terkait dengan baju hazmat,” katanya.

Selain itu, yang menjadi kendala kata dia adalah apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap DPT salah satunya tidak sadarkan ini. Meskipun telah berkoordinasi dengan gugus Covid-19, pihaknya belum mengetahui juknis untuk menangani kasus tersebut. “Kita telah berkordinasi dengan gugus Covid, nah orang tersebut dibawa kemana,” katanya.

Olehnya, pihaknya ke depan kata Iskandar masih menunggu regulasi selanjutnya dari KPU pusat.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini juknis mengatur detail tentang itu. Tetapi apapun ini namnya simulasi, kita tentu melihat kurangnya tentu akan kami benahi lagi untuk sampai pada Voting day,” tandasnya.  (ap)

Laporan: Adi pranata

Silakan komentar Anda Disini....