6.309 Petugas PTPS di 13 Kabupaten/Kota di Sulteng Jalani Rapid Tes

oleh -
Anggota Bawaslu Sulteng, Zatriawati.

PALU, Kabar Selebes – Sebanyak 6.309 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Sulaweai Tengah (Sulteng) mulai menjalani rapid tes Covid-19.

Rapid tes bagi 6.309 petugas PTPS itu, dilaksanakan secara serentak di 13 kabupaten/kota di Sulteng pada Kamis (26/11/2020).

Anggota Bawaslu Sulteng, Zatriawati mengatakan, seluruh PTPS di 13 kabupaten/kota wajib mengikuti rapid test tersebut.

Ia menjelaskan, rapid tes tersebut untuk mencegah klaster baru penyebaran Covid-19 pada pelaksanaan Pilkada serentak yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Kami memastikan dan meminta kepada seluruh jajaran kami di kabupaten untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rapid tes,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, jika ada petugas yang hasil rapid tesnya reaktif, maka untuk langkah awal yang bersangkutan akan dikarantina dan dalam pemantauan.

Kemudian, akan dilakukan lagi rapid tes yang kedua, yang di jadwalkan pada 3 Desember.

Namun, jika hasilnya masih dinyatakan reaktif, maka harus digantikan oleh pengganti antar waktu bagi jajaran pengawas TPS.

“Peran dan tugas PTPS sangat penting dan menentukan terhadap kualitas proses pemungutan suara dan perhitungan suara pada Pilkada 2020, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini,” tandasnya. (iz/rlm/fma)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini....