Cegah Penularan Covid-19, Polres Tolitoli Bekali 15 Hal Baru untuk Linmas

oleh -
Simulasi proses pencoblosan dan pemungutan suara dengan menerapkan aturan dan protokol kesehatan di halaman Mako Polres Tolitoli, Jumat (27/11/2020). (Foto : doc Humas Polres Tolitoli)

TOLITOLI, Kabar Selebes – Sebagai upaya penegakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat Voting Day Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang, Kepolisian Resor (Polres) Tolitoli membekali 15 hal baru bagi pengamanan Linmas.

15 hal baru tersebut yaitu, hal pertama yang terbaru adalah berkurangnya jumlah pemilih, sehingga totalnya menjadi 500 pemilih dalam satu TPS.

Kedua adalah pengaturan kedatangan pemilih, larangan berdekatan, tidak bersalaman, mencuci tangan sebelum masuk ke TPS.

Selanjutnya, pada saat datang ke TPS wajib memakai masker, tersedianya sarung tangan plastik di TPS untuk para pemilih, petugas TPS akan menggunakan pelindung wajah, dan disediakan masker ganti.

Kemudian, para pemilih juga diharuskan membawa alat tulis sendiri, tersedianya tisu kering, pengecekan suhu tubuh, TPS akan didisinfeksi, penggunaan tinta tetes, dan yang terakhir tersedianya bilik khusus bagi yang sakit.

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Tolitoli, Komisaris Polisi (Kompol) Abdul Haris Saleh saat memipin apel, menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk menyiapkan personel Linmas dan mengingatkan tekhnis pengamanan pada Pilkada 9 Desember dimasa pandemi.

Ia mengatakan, petugas Linmas wajib menerangkan terkait protokol kesehatan kepada para pemilih yang akan masuk ke TPS.

“Apel ini tujuannya mengingatkan Linmas terkait tekhnis pengamanan proses pemungutan suara di TPS pada masa pandemi ini. Kita juga lakukan simulasi pengamanan,” jelas Haris dalam penyampaiannya saat menggelar apel kesiapan Linmas untuk penegakan protokol kesehatan pencegahan covid-19 di TPS, di halaman Mako Polres Tolitoli yang diikuti perwakilan Linmas dari beberapa kelurahan dan desa, Jum’at (27/11/2020).

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan simulasi proses pencoblosan dan pemungutan suara yang menerapkan aturan dan protokol kesehatan.

“dengan digelarnya apel kesiapan ini, para Linmas dapat mengetahui tugas pokoknya saat di TPS dan juga sebagai penerapan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tandasnya. (maf/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....