Meski Pandemi Covid-19, Peranan Perempuan dalam Pilkada 2020 Naik 8,85 %

oleh -
Koordinator PPGA LPPM Universitas tadulako (UNTAD) Palu, Dr. Ir. Andi Fatmawati Mp, saat menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi tentang peranan perempuan dalam Pilkada serentak 2020, yang diselenggarakan KPU Sulawesi Tengah, Rabu (2/12/2020). (Foto : Indrawati/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Meskipun di tengah pandemi Covid-19, peranan perempuan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, tetap mengalami kenaikan hingga 8,85 %.

Demikian diungkapkan koordinator PPGA LPPM Universitas Tadulako (UNTAD) Palu, Dr. Ir. Andi Fatmawati Mp, saat menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi tentang peranan perempuan dalam Pilkada serentak 2020, yang diselenggarakan oleh KPU Sulawesi Tengah, Rabu (2/12/2020).

Dijelaskannya, pada tahun ini tingkat peranan perempuan dalam Pilkada mengalami kenaikan 8,85 % dari 1.486 calon dalam Pilkada sebanyak 157 calon kepala daerah merupakan perempuan.

“Perempuan dalam Pilkada tentu bukan hanya berperan sebagai identitas tunggal. Artinya perempuan dapat dilihat sebagai pemilih dan sebagai kontestan,” ujarnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa di masa pandemi saat ini, ternyata tidak mengurangi keterlibatan perempuan dalam Pilkada.

Disisi lain, hambatan yang dialami perempuan antara lain adalah budaya patriaki yang menganggap perempuan tidak layak memimpin.

Perspektif masyarakat, kata dia, yang menganggap politik sebagai urusan laki-laki dan keengganan perempuan untuk belajar serta kuliah tentang politik. (iz/rlm/fma)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini....