Sosialisasikan Pendidikan Pemilih, KPU Poso Sasar Organisasi Kepemudaan

oleh -
Sosialisasi pendidikan pemilih yang dilaksanakan KPU Poso dengan melibatkan organisasi kepemudaan pada Jum'at (4/12/2020). (Foto : Istimewa)

POSO, Kabar Selebes – Sosialisasi pendidikan pemilih yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso menyasar organisasi kepemudaan.

Hal itu terlihat dalam kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih yang dilaksanakan KPU Poso pada Jum’at (4/12/2020).

Selain pendidikan pemilih, dalam sosialisasi tersebut KPU Poso juga mensosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 18 dan 19 tahun 2020.

Sosialisasi yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kabupaten Poso itu, turut dihadiri Komisioner KPU Sulawesi Tengah (Sulteng), Sahran Raden selaku narasumber.

Ketua KPU Poso, Budiman dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi tersebut untuk mengetahui sejauh mana maksimalnya PKPU yang ada.

“Kami berharap dengan sosialisasi yang dilakukan KPU ini benar-benar bisa dipahami dan bisa disosialisasi kepada pihak-pihak lainnya. Terkait dengan pemungutan di hari H diharapkan berjalan baik dan lancar sekalipun ada dinamika yang terjadi bisa dilakukan dengan mekanisme yang ada,” kata Budiman.

Sementara, Sahran Raden dalam materinya memaparkan tentang pendidikan pemilih dan sosialisasi tata cara pemungutan serta penghitungan suara di masa pandemi Covid-19.

Ia juga memaparkan persoalan, bagaimana 15 hal baru di TPS yang nantinya bakal diterapkan, sebagai upaya KPU dalam mencegah penularan Covid-19 khususnya di TPS.

“Penggunaan hak pilih bagi pemilih dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat, KPPS akan mengarahkan yang bersangkutan untuk menggunakan hak pilihnya di bilik khusus yang disediakan pendamping yang bertugas hanya untuk mengambil surat suara yang telah dicoblos,” pungkasnya. (rdn/rlm/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....