Ops Mantap Praja 2020, Polda Sulteng Terima 400 Personel BKO Brimob Nusantara

oleh -
Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Hery Santoso, saat memimpin apel penerimaan BKO Brimob Nusantara, Minggu (6/12/2020). (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Sebanyak 400 personel Brimob Nusantara bergabung di wilayah Sulawesi Tengah. Pasukan itu akan ditugaskan pada Ops Mantap Praja 2020 pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020, tahap masa tenang, pungut dan hitung-rekap suara.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulteng, Brigadir jenderal Hery Santoso memimpin langsung apel penerimaan Bantuan Kendali Oprasi (BKO) Brimob Nusantara Minggu (6/12/2020). Dia mengucapkan selamat datang kepada seluruh personel yang sebelumnya telah melakukan perjalanan panjang dari daerah asal masing-masing untuk selanjutnya akan digeser ke seluruh Polres jajaran Polda Sulteng.

Disebutkan kehadiran personel Brimob sebanyak 400 personel yang tergabung dalam Brimob Nusantara itu terdiri dari 200 personel dari Korbrimob Polri, dan 200 personel dari Sat Brimobda Kalimantan Barat.

“Ini memerlukan perhatian serius untuk mengantisipasi sejak dini yaitu pelanggaran tindak pidana Pemilu maupun tindak pidana umum, sabotase, aksi terror dan lainnya,” terangnya.

Ia pun mengharapkan kepada seluruh personel BKO Brimob Nusantara dalam melaksanakan tugasnya agar segera mengenali wilayah tugasnya dan melaksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan bersikap tegas serta humanis.

Utamanya dia meminta personel tidak underestimate atau meremehkan situasi sehingga pengamanan yang dilakukan akhirnya menjadi sia-sia.

“Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Linmas, dan KPPS serta unsur lain yang terkait, tampilkan sikap keteladanan di tengah masyarakat, hindari segala bentuk penyimpangan yang dapat menurunkan dan merusak citra Polri,” pesannya.

“Ingat, setiap personel Polri adalah representasi kehadiran institusi di tengah masyarakat bukan representasi diri pribadi, laksanakan tugas pengamanan dengan dilandasi kesungguhan, ketulusan, dan ihklas, sehingga menjadi amanah dan tanggung jawab yang diberikan dapat menjadi amal ibadah,” imbuhnya.

Selain itu, Wakapolda juga mengingatkan dan menegaskan agar seluruh personel Polri dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 menjaga netralitas Polri, dan tetap menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) agar terbebas dari penularan Covid-19.

“Semoga kehadiran BKO Brimob Nusantara dapat menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Sulteng dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai,” harapnya.

Hadir dalam apel penerimaan personil BKO Brimob Nusantara tersebut antara lain Irwasda Polda Sulteng, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ai Afriandi, Karo Ops, Kombes Pol Norman Widjajadi, dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng lainnya. (maf/ap/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 47 times, 1 visits today)