Hasil Suara Sementara KPU, Paslon Verna-Yasin Ungguli Petahana di Pilkada Poso

oleh -
Verna Inkiriwang dan Yasin Mangun

POSO, Kabar Selebes – Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 1 Verna Inkiriwang-Yasin Mangun untuk sementara memuncaki hitung cepat perolehan suara dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Poso pada pilkada serentak 9 Desember 2020.

Berdasarkan data suara sementara komisi Pemilihan Umum di https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/7202 Situs hitung suara, Kamis dini hari (10/12/2020) memperlihatkan pasangan yang diusung oleh 4 partai politik itu memperoleh suara sebanyak 8.947 (46.8 persen).

Sementara, pasangan petahana nomor urut 2, Darmin Sigilipu – Amdjad Lawasa menempati urutan kedua dengan 8.157 suara (42,6 persen) dan pasangan nomor urut 3 Samsuri – Tony Sowolino memperoleh 2.026 suara (10,6 persen).

Data itu sementara diperoleh lewat 78 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari jumlah 510 TPS yang ada di daerah setempat.

Dengan selisih suara yang tidak terpaut jauh, perhitungan suara bagi pasangan nomor urut satu dan no urut dua terlihat sengit.

Berdasar pantauan Jurnalis KabarSelebes.ID, para pendukung pasangan nomor urut 1 dilaporkan telah menggelar pawai di sejumlah tempat untuk merayakan kemenangan.

Sejauh ini berdasarkan data Kepolisian Resort Poso, proses pemungutan suara di Poso berlangsung lancar dan aman. Warga memadati tempat-tempat pemungutan suara sejak TPS di buka.

Pemungutan suara terpantau dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk pencegahan penyebaran virus corona. (rdn/ap)

Laporan: Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 1.069 times, 3 visits today)