Tim Supervisi dan Asistensi Mabes Polri Kunker ke Polres Palu Terkait Pengamanan Pilkada

oleh -
Tim Supervisi dan Asistensi Mabes Polri bersama Kapolres AKBP Riza Faisal saat mengecek kesiapan pengamanan di PPK Kecamatan Palu Selatan dan Mantikulore. (Foto : doc Humas Polres Palu)

PALU, Kabar Selebes – Tim Supervisi dan Asistensi Operasi Mantap Praja Markas Besar (Mabes) Polri melakukan kunjungan kerja atau kunker ke Kantor Kepolisian Resor (Polres) Palu terkait pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Kamis (10/12/2020).

Kapolres Palu, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Riza Faisal, mengatakan kunjungan tim Supervisi Operasi Mantap Praja Mabes Polri dalam rangka menyampaikan amanat dari Kapolri untuk mengecek kesiapan terakhir pengamanan Pilkada serentak 2020 di Sulteng.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya siap menerima arahan dari tim Supervisi dan Asistensi Operasi Mantap Praja Mabes Polri terkait pengamanan Pilkada tersebut.

“Polres Palu siap menerima arahan dari tim Supervisi dan Asistensi Operasi Mantap Praja dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2020,” ujar Riza.

Kunjungan tim Supervisi Operasi Mantap Praja Mabes Polri itu, kata dia, dipimpin oleh Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Drs.Victor Gustaf Manopo.

Dalam sambutannya, Victor, menjelaskan ada dua poin penting yang perlu di sampaikan, diantaranya Pilkada di masa pandemi Covid-19 dan beberapa kerawanan di tahapan pemilihan serta pemungutan suara antara lain pengrusakan TPS, anarkisme pasangan calon atau paslon yang kalah, bentrok pendukung, dan pelanggaran protokol kesehatan.

“Kita harus berjuang untuk mengetahui sejauh mana kesiapan wilayah dalam menghadapi Pilkada, sehingga mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan guna mengamankan Pilkada 2020 yang tertib, aman dan damai,” terangnya.

Ia menambahkan, sasaran pengamann Pilkada adalah terwujudnya kerjasama antar satuan penyelenggara dan Polri yang harus membangun kepercayaan publik.

Dengan begitu, dapat tercipta Pilkada aman dan tertib serta mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, tim juga mengecek kesiapan pengamanan di dua PPK di Kecamatan Palu Selatan dan Mantikulore. (rkb/rlm/fma)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 41 times, 1 visits today)