Jusuf Kalla Serahkan Mobil Ambulance Bantuan IFRC Kepada PMI Sulteng

oleh -
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan mobil Ambulance dan peresmian gedung rehab Unit Transfusi darah PMI Sulteng, Senin (14/12/2020). (Foto: Mohammad Arief/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Ketua Umum Palang Merah (PMI) Indonesia, Jusuf Kalla menyerahkan 1 unit mobil ambulance kepada pemerintah Sulawesi Tengah, Senin (14/12/2020). Mobil ambulance itu merupakan bantuan dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC).

Penyerahan yang secara resmi dilakukan di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tengah, Jalan Kartini Kota Palu itu, sekaligus dirangkaikan dengan peresmian gedung rehab Unit Transfusi darah PMI Sulteng.

Dalam sambutannya Jusuf Kalla mengatakan, donor darah sangat penting karena dalam keadaan apapun sangat dibutuhkan dalam suatu sistem.

“Tidak ada satupun para ilmuan di dunia ini yang bisa temukan darah imitasi,” kata mantan Presiden RI itu.

Pemberian bantuan satu unit mobil Ambulance lanjut dia, dilakukan karena Sulteng merupakan daerah yang belum lama terdampak bencana.

Sehingga PMI tidak hanya hadir dalam bencana alam, akan tetapi juga dalam situasi bencana kemanusiaan.

“Semoga dengan bantuan ini dapat membantu kinerja PMI dalam menjalankan misi kemanusiannya,” pungkasnya.

Kegiatan penyerahan mobil Ambulance dan peresmian gedung rehab unit transfusi itu turut dihadiri Kapolda Sulteng, Danrem 132 Tadulako yang di wakili Kasrem, Gubernur dan Ketua PMI Sulteng .

Untuk diketahui, PMI bersama IFRC, pada Operasi Bencana Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah, sejak Oktober 2018 hingga November 2020 telah memberikan bantuan kepada sebanyak 10.009 keluarga. Bantuan diberikan tiga tahapan non tunai sejumlah Rp. 6 Juta/kepala keluarga dengan total keseluruhan Rp. 60 Miliar.

Selanjutnya turut memberikan pelatihan keetrampilan kepada 1.439 pemuda dan wanita serta dukungan usaha kecil sejumlah Rp. 3,5 juta per peserta.

Selain itu juga memberikan lima gedung fasilitas kesehatan telah di rekontruksi. Sementara pada tanggap bencana Covid-19 telah memberikan 36.000 kit disinfektan yang telah di distribusikan di seluruh PMI Sulteng.

Serta memberikan barang bantuan berupa peralatan rumah tangga dasar  kepada 44.082 KK dan telah melakukan pengurangan resiko bencana 320 Sibat 16 desa di Sulteng. (maf/ap)

Laporan : Mohammad. Arief

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 75 times, 1 visits today)