Bawaslu Sigi Pantau Proses Rekapitulasi Suara

oleh -
Tahapan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang berlangsung sejak Selasa (15/12/2020) siang tadi di Kantor KPU Sigi, Desa Maku, Kecamatan Dolo. (Foto : Istimewa)

SIGI, Kabar Selebes – Bawaslu Kabupaten Sigi hingga saat ini masih melakukan pemantauan terhadap rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang berlangsung sejak Selasa (15/12/2020) siang tadi di Kantor KPU Sigi, Desa Maku, Kecamatan Dolo, Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Rekapitulasi yang dimulai sejak pukul 11.00 WITA, masih sementara berjalan. Masih membutuhkan waktu untuk mengetahui hasil akhirnya,” ujar Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Sigi, Dewi Tisnawaty kepada KabarSelebes.id.

Dikatakannya, rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat kabupaten berlangsung sehari setelah pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) dari empat TPS yang ada di empat kecamatan di Kabupaten Sigi.

TPS yang melakukan PSU, kata dia, masing-masing adalah TPS 1 di Desa Pewunu, Kecamatan Dolo Barat, TPS 11 di Desa Kalukubula, Kecamatan Biromaru, dan TPS 3 di Desa Towulu, Kecamatan Kulawi pada Ahad (13/12).

Sedangkan PSU di satu TPS lainnya, dilaksanakan pada Senin (14/12), yakni TPS 2 di Desa Kaleke, Kecamatan Dolo.

Alasan dilaksanakannya PSU karena terdapat sejumlah pelanggaran dalam pelaksanaan pencoblosan.

Dijelaskannya, untuk TPS 1 di Desa Pewunu terdapat kelebihan surat suara Bupati dan kekurangan surat suara Gubernur.

Sedangkan di TPS 11 Desa Kalukubula, terdapat dua pemilih ber KTP diluar Kabupaten Sigi dan pengguna A5, tetapi diberikan dua surat suara untuk memilih calon Bupati dan Gubernur.

“Harusnya yang diberikan hanya satu surat suara, yakni surat suara Gubernur,” bebernya.

Sementara, untuk TPS 3 di Kulawi, Desa Towulu, PSU harus dilaksanakan karena penghitungan suara dilakukan sebelum pukul 13.00 WITA.

Begitu juga di TPS 2 Desa Kaleke, PSU dilakukan karena terdapat dua orang pemilih ber KTP Kota Palu yang melakukan pencoblosan tanpa menggunakan A5 atau pindah memilih. (iz/rlm/fma)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini....