Momen Hari Ibu Tahun 2020, PKK Sulteng Ajak Masyarakat Cegah Kluster Penularan Covid-19

  • Bagikan
Seorang petugas mengambil sampel darah seorang warga pada rapid tes yang diselenggarakan oleh PKK dan Dharma Wanita di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (17/12/2020). (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID).

PALU, Kabar Selebes – Ketua tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sulawesi Tengah, Zalzumida A Djanggola mengajak seluruh masyarakat terutama kaum kartini di daerah setempat, untuk tetap menjaga kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19.

Zalzumida yang juga pembina Dharma Wanita Sulteng menuturkan, ibu rumah tangga mempunyai peran penting melindungi keluarga agar terhindar dari penularan Covid-19.

Upaya itu bisa dilakukan dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan, baik menjaga jarak, mencuci tangan, dan juga selalu memakai masker jika berpergian.

“Anak-anak juga kita harus beri batasan-batasan sehingga mereka bisa terhindar dari penularan Covid-19,”  katanya pada kegiatan rapid tes atau tes cepat gratis di sekertariat PKK Sulteng, Kota Palu, Kamis (17/12/2020).

Dijelaskan mendeteksi gejala corona sangatlah penting agar keluarga di rumah tidak tertular Covid-19. Dia mengajak masyarakat tidak takut untuk memeriksakan diri apabila mengalami gejala dini Covid-19.

Dijelaskan pihaknya tak pernah henti-hentinya memberikan pemahaman kepada ibu rumah tangga, baik yang sering beraktivitas di rumah, apalagi yang sering beraktivitas di pasar, dan perjalanan ke luar daerah.

Meskipun daerah Sulawesi Tengah lebih aman dari daerah lain dalam jumlah kasus Covid-19, masyarakat diharapkan tidak boleh lengah sejengkal pun agar terhindar dari berbagai penyakit.

“Karena Rapid itu justru melindungi bahwa kita cepat teratasi ditangani secara sehat dan keluarga kita bisa diatasi dan juga dijaga tidak tertular, cepat penanganannya secara dini,” ujarnya.

Sementara, di sisi lain dikatakan rapid tes merupakan upaya PKK untuk ikut andil memerangi kluster baru virus corona yang telah banyak mewabah di daerah setempat.

Rapid tes gratis itu turut dilakukan PKK bersama Dharma wanita Sulteng dalam rangka menyambut hari ibu pada tanggal 22 Desember 2020 mendatang.

Pemeriksaan yang digelar di dua tempat yang bekerja sama dengan dinas kesehatan itu, diperuntukan bagi 100 lebih warga setempat. Hasil tes cepat nantinya bisa digunakan sebagai syarat untuk berpergian ke luar kota menjelang natal dan tahun baru 2021. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

“Tulisan ini merupakan bagian dari program fellowship antara dewan pers bersama satgas Covid-19”

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak Sigi Capai 82,92%

SIGI, Kabar Selebes - Berdasarkan data rekapitulasi perhitungan perolehan suara pada Pilkada serentak Gubernur/Wakil Gubernur...

Close