Partisipasi Pemilih Penyandang Disabilitas Kota Palu Turun Drastis di Pilkada 2020

oleh -
Ilustrasi: Seorang PPDP penyandang disabilitas di Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Sulawesi Tengah, Samsinar mengungkapkan banyak penyandang disabilitas di kota Palu yang tidak menggunakan hak suaranya pada Pilkada serentak tahun 2020.

Menurutnya, jika dibandingkan pemilu tahun 2019 lalu, persentase pemilih penyandang disabilitas di Kota Palu pada pilkada tahun 2020 mengalami penurunan hingga 50 %.

Angka itu didapat dari sekitar 400-an jumlah penyandang disabilitas di Kota Palu yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Dari 8 kecamatan yang ada di Kota Palu, rata-rata hanya 40 hingga 50 penyandang disabilitas yang menyalurkan hak pilihnya per Kecamatan,” terangnya saat ditemui, Rabu (16/12/2020).

Dari 8 Kecamatan itu lanjut dia, Kecamatan Palu Barat jadi wilayah terendah partisipasi pemilih disabilitas yakni hanya sebanyak 20 orang.

Dijelaskan sosialisasi Pilkada kepada komunitas disabilitas telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu.

Akan tetapi, tidak adanya pemaparan program yang spesifik dari empat pasangan calon Pilkada Palu berkaitan dengan nasib penyandang pada 3 kali perhelatan debat, turut mempengaruhi partisipasi warga berkebutuhan khusus ikut mencoblos pada 9 Desember 2020 lalu.

“Tidak ada satupun paslon yang bicara pemenuhan hak dan pelayanan disabilitas. Teman-teman disabilitas tidak punya jaminan. Pengaruhnya besar sekali,” ujarnya.

Demikian, Samsinar berharap Walikota Palu yang terpilih nantinya, bisa memberi perhatian lebih kepada kelompok berkebutuhan khusus yang selama ini dinilai belum sepenuhnya mendapat akses layanan terutama di ruang-ruang publik.

“Ke depan harus diperbaiki supaya teman-teman yang ingin memanfaatkan fasilitas di ruang terbuka itu bisa tanpa bantuan orang lain. Juga soal pemberdayaan mesti ditingkatkan,” tandasnya. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 67 times, 1 visits today)