Pilkada di Tengah Pandemi, KPU Palu Pastikan Tak Ada Petugas yang Terpapar Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi: Sejumlah petugas KPU Kota Palu saat menggelar simulasi Pilkada di tengah Pandemi Covid-19 di Lapangan Vatulemo, Kelurahan Tanamodindi. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Pilkada Kota Palu telah selesai pada tahapan hasil rekapitulasi suara. Komisi Pemilihan umum mengklaim semua petugas yang di tempatkan baik di kecamatan maupun kelurahan dalam kondisi sehat dan bebas dari Covid-19.

Agus Salim Wahid, selaku ketua umum KPU kota Palu mengungkapkan, 5 petugas di masing-masing 8 Kecamatan, 3 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 46 Kelurahan, dan 7 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta 2 Linmas yang ditempatkan di 699 Tempat Pemungutan Suara (TPS), sebelum bertugas tepatnya tanggal 9 Desember telah dipastikan kesehatannya.

“Ketika mereka sudah direkrut mereka langsung kita lakukan rapid tes, jika misalkan ada yang dikatakan reaktif, kemarin ada beberapa orang maka selanjutnya dokter meminta mereka untuk beristirahat selama 10 hari. dan alhamdulillah sudah sehat semua,” ujarnya saat ditemui, Jum’at (18/12/2020).

Begitu juga kata Agus pasca pemilihan ataupun tahapan rekapitulasi suara. Semua petugas dipastikan dalam keadaan baik-baik saja terlebih tugas yang dibebankan tidak lagi terlalu berat dan tidak berkontak langsung dengan pemilih.

Untuk diketahui pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu 2020 di tengah pandemi Covid-19, KPU mencatat partisipasi pemilih hanya mencapai angka 65,5%.

Angka itu didapat berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Palu yang menggunakan hak suaranya dari 8 Kecamatan, 46 Kelurahan dan 699 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Palu sebanyak 250.635 DPT di pilkada tahun 2020. (ap)

Laporan: Adi Pranata

“Tulisan ini merupakan bagian dari program fellowship antara dewan pers bersama satgas Covid-19”

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan