Tetapkan Rekapitulasi Suara Pilkada Palu, KPU Beri Waktu 3 x 24 Jam Paslon Ajukan Gugatan ke MK

oleh -
Agussalim Wahid

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu telah menetapkan hasil rekapitulasi suara pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu tahun 2020, Kamis (17/12/2020) dini hari.

Perolehan suara dari 4 pasangan calon yang tertuang dalam berita acara Nomor 402/PL.2.6_KPT/7271/KPU_kot/XII/2020, tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan walikota dan wakil walikota Palu yakni:

Nomor urut 1, Aristan-Wahyuddin dengan perolehan 28.385 suara; nomor urut 2, Hadianto Rasyid-Reny A Lamadjido dengan perolehan 64.249 suara; nomor urut 3 Hidayat-Habsa Yanti Ponulele dengan perolehan 30.372 suara; dan nomor urut 4, Imelda Lilihana Muhidin- Arena Jr Parampasi dengan perolehan 37.260 suara.

“Kemarin KPU telah menetapkan dan menyerahkan berita acara kepada masing-masing tim pasangan calon,” kata ketua KPU Palu, Agus Salim Wahid, Jumat (18/12/2020).

Berita acara itu nantinya bisa dijadikan dasar oleh pasangan calon untuk menggugat ke Makamah Konstitusi (MK) selama 3 x 24 jam sejak dibacakannya keputusan apabila tidak menerima hasil keputusan.

Meski begitu, Agus menuturkan pada saat rekapitulasi semua pasangan calon sudah menerima dengan lapang dada hasil suara yang ditetapkan oleh KPU.

“Semua-semua hasil tersebut pada umumnya sudah menerima dengan baik, karena mereka juga mengikuti dari awal proses dari TPS kecamatan hingga KPU,” ujarnya.

Di sisi lain dikatakan, apabila dalam tenggang waktu yang diberikan tidak ada ynag menggugat, maka akan diterbitkan buku regitsrasi perkara konstitusi dari MK.

“Sehingga dasar itulah nanti kami bisa melakukan penetapan pemenang dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Palu,” katanya.  (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 94 times, 1 visits today)