Partisipasi Pemilih Lampaui Target Nasional, KPU Poso: Terima Kasih Masyarakat

oleh -
Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kantor KPU Poso. (Foto : Istimewa)

POSO, Kabar Selebes – Meningkatnya partisipasi pemilih dalam pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Bupati/Wakil Bupati 2020 di Kabupaten Poso yang mencapai 6,5% dari target nasional 77,50% tidak lepas dari peran serta KPU setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi untuk memberikan hak suaranya dalam pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng dan Bupati/Wakil Bupati Poso pada 9 Desember lalu, meskipun ditengah kondisi pandemi Covid-19,” ujar Komisioner KPU Poso, Wilianita Selviana kepada KabarSelebes.id, Jum’at (18/12/2020).

Ia nenambahkan, KPU Poso juga sangat berterima kasih kepada pihak kepolisian bersama TNI serta unsur pengamanan lainnya yang telah membantu selama jalannya tahapan hingga pada penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Menurutnya, meningkatkan partisipasi pemilih dari target nasional tersebut adalah buah dari hasil kerja para penyelenggara dan seluruh unsur yang terlibat dalam mengkampanyekan kepada masyarakat pentingnya memberikan hak suara serta tidak golput.

Selain itu, pelaksanaan Pilkada serentak 2020, yang berlangsung ditengah kondisi pandemi merupakan tantangan yang sangat besar bagi penyelenggara maupun seluruh unsur, yang terlibat.

Pasalnya, memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak takut dengan penyebaran Covid-19 ketika mendatangi Tempat Pemungutan Suara atau TPS adalah hal sulit.

Tentunya, agar masyarakat benar-benar yakin dan tidak was-was, pihak penyelenggara dituntut harus serius dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Selain mensosialisasikan agar tidak golput, kami bersama seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, juga menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya mentaati protokol kesehatan seperti memakai masker ketika beraktifitas di luar rumah, hindari kerumunan, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun. Apalagi, pada saat pemilihan tanggal 9 Desember lalu, protokol kesehatan benar-benar diterapkan disetiap TPS,” tandasnya. (rdn/rlm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 53 times, 1 visits today)