Poso Raih Penghargaan Daerah Inovatif Tahun 2020

oleh -

POSO, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, kembali menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, sebagai daerah yang Inovatif tahun 2020.

Penghargaan Innovatif Goverment Award (IGA) diberikan Kemendagri pada Jumat 18 Desember 2020, secara virtual di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jakarta.

Darmin Agustinus Sigilipu sebagai kepala daerah yang berhasil mengantar Poso pada kemajuan daerah sangat bersyukur atas prestasi tersebut.

“Puji Tuhan, Syukur Alhamdullilah, Kabupaten Poso memperoleh lagi penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri untuk Innovatif Goverment Award atau Penghargaan Pemerintah Daerah yang Inovatif tahun 2020,” katanya saat dimintai tanggapan, Sabtu (19/12/2020).

IGA merupakan kegiatan penilaian dan penghargaan tahunan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah, atas keberhasilannya dalam melakukan inovasi daerah di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Berdasarkan data yang disebutkan Kemendagri, dari 360 pemerintah daerah kabupaten di seluruh Indonesia yang mengikuti penilaian, Poso merupakan daerah yang mampu menggebrak keluar dari zona daerah yang semula tidak dikenal, menjadi daerah yang patut dicontohi dalam kemajuan pembangunannya selama beberapa tahun terakhir ini.

Pemberian penghargaan kepada Pemda dengan predikat sangat inovatif dan terinovatif, berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah Tahun 2020, merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya upaya serta keberhasilan Pemda dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di daerah dengan cara-cara inovatif.

Menurut Darmin Sigilipu, pencapaian pembangunan Kabupaten Poso bukanlah hal yang biasa-biasa saja. Sebab pencapaian yang telah diraih sudah masuk dalam skala nasional.

Oleh sebab itu penghargaan tersebut harus menjadi standar untuk pencapaian pembangunan di masa-masa yang akan datang.

“Kabupaten Poso sudah saatnya berpacu dengan daerah lain yang sudah mencapai pembangunan yang pesat, jangan sampai pencapaian-pencapaian itu justru mandek dan tidak berkembang,” ungkapnya.

Untuk diketahui di tahun 2020, secara nasional Kabupaten Poso berada diurutan ketiga setelah Kabupaten Sidoarjo dan Pacitan. Sementara 5 kabupaten yang juga meraih penghargaan yang sama setelah Poso, berturut-turut adalah Kabupaten Sekadau, Gunung Kidul, Pekalongan, Sleman, dan Gresik. (rdn/ap)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....