Tenaga Medis Terpapar Corona, Sejumlah Layanan di RSUD Anutapura Ditutup Sementara

  • Bagikan
Ilustrasi: Seorang tenaga medis menggunakan APD lengkap berjalan di depan ruangan bersalin RSUD Anutapura Kota Palu, Sulawesi Tengah (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Sejumlah ruang pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura Kota Palu, Sulawesi Tengah ditutup sementara. Penutupan layanan itu dilakukan akibat ada beberapa tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pelayanan yang ditutup itu salah satunya ruangan bersalin. Penutupan sudah dilakukan sejak hari Minggu (20/11/2020) dan baru akan dibuka pada tanggal 22 Desember mendatang.

Selain itu, Wakil Direktur Penunjang dan Pelayanan RSUD Anutapura, dr. H. Aji Muhammad Akbar M.Kes menyatakan, pihaknya pada Senin (21/12/2020) juga memutuskan menutup selama satu hari pelayanan di ruang Radiologi dan ruangan bedah. 

Keputusan menutup sementara harus dilakukan mengingat ada beberapa tenaga medis yang bertugas di ruangan itu terpapar Covid-19. 

“Yang terakhir itu tenaga medis satu orang, tapi kami sudah lakukan pemeriksaan,” katanya saat ditemui, Senin (21/12/2020).

Akbar menuturkan tim Penanggulangan Penyakit Infeksi (PPI) di RSUD Anutapura telah melakukan pelacakan (Tracing) kepada tenaga medis yang terkonfirmasi Covid-19.

Pemeriksaan sudah dilakukan kepada beberapa tenaga medis selanjutnya diberikan penanganan seperti uji swab, atau hanya melakukan isolasi mandiri.

“Hasilnya sudah ada yang keluar ada yang positif ada yang tidak,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa perawat yang terkonfirmasi positif dalam tengat waktu yang berbeda-beda. Dia pun mengklaim perawat yang terpapar corona bukan di rumah sakit melainkan dari keluarga masing-masing perawat.

“Tidak ada pelaku perjalanan karena kita punya protap di Rumah sakit, semua petugas yang melakukan perjalanan itu dia harus isolasi dulu sebelum bertugas,” terangnya.

Demikian, meskipun ada sejumlah ruangan yang ditutup pihaknya mengungkapkan pelayanan di RSUD Anutapura secara umum tetap berjalan seperti biasa.

“Untuk yang emergency kita rujuk ke rumah sakit, dalam ini rumah sakit Undata atau Alkhairat setelah berkordinasi dengan dokter penanggung jawabnya di sana,” katanya. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Sempat Vakum Akibat Pandemi, Road Race Sukses Digelar di Morowali

MOROWALI, Kabar Selebes - Kejuaraan Road Race Morowali Cup Prix berlangsung sukses dan aman meski...

Close