Begini Kesiapan Angkutan Massa Nataru di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu

oleh -
Ubaedillah

PALU, Kabar Selebes – Pihak Bandara Mutiara SIS-Al jufri Palu mulai mempersiapkan segala prasarana menunjang lonjakan penumpang menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2021 di tengah Pandemi Covid-19.

Kepala Bandara Palu, Ubaedillah menyatakan, pihaknya jauh hari sebelumnya telah melakukan rapat multi sektor, baik bersama Pemerintah daerah, Mitra kerja, Kementrian Perhubungan, TNI-Polri, dan juga tim Basarnas.

Pihaknya kata dia salah satunya sudah membuka Posko dalam hal ini berkordinasi dengan tim TNI-Polri serta SAR sejak tanggal 18 Desember sampai dengan 4 Januari 2021.

Posko itu nantinya akan terhubung dengan pos 24 jam kementerian perhubungan sesuai jam kerja operasional di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu. 

“Tiap hari harus menyampaikan laporan terkait dengan pemantauan angkutan natal dan tahun baru,” katanya kepada sejumlah wartawan di Palu, Rabu (23/12/2020)

Selain itu pihaknya juga telah meminta operator untuk memeriksa kelayakan sejumlah fasilitas di bandara. Sumber Daya Manusia ataupun petugas di bandara bahkan turut dilakukan pemeriksaan lisensi.

Lebih lanjut kata Ubaedillah berdasarkan edaran dari satgas Covid-19, para penumpang yang ingin bepergian khusunya ke Jawa harus melakukan pemeriksaan rapid anti-gen.

Penumpang bisa melakukan pemeriksaan rapid anti-gen di klinik swasta maupun fasilitas kesehatan pemerintah sebab fasilitas itu tidak disediakan oleh bandara.  Upaya ini kata Ubaedillah dilakukan sebagai upaya agar perayaan Nataru tidak menimbulkan gelombang besar penyebaran Covid-19.

 “Itu syarat mutlak, berdasarkan intruksi kementerian perhubungan pusat untuk mencegah penyebaran covid-19 di bandara,” tegasnya.

Dengan segala upaya itu ia pun mengimbau kepada penumpang untuk waspada terhadap Covid-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan apabila telah berada di Bandara.

“Yang diingatkan jangan marah, karena ini untuk kepentingan bersama, karena masih mengancam ini (Covid-19) masih di sekitar kita,” ujarnya. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 43 times, 1 visits today)