Bukit Salena Palu Kian Ramai Dikunjungi Wisatawan Saat Libur Natal dan Akhir Tahun

  • Bagikan
Suasana puncak Salena Palu dipenuhi oleh pengunjung, Minggu (27/12/2020). (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Bukit Salena, Kota Palu, Sulawesi Tengah, kian ramai dikunjungi warga untuk berwisata saat musim libur panjang Natal dan tahun baru 2021.

Meski di tengah wabah korona, berdasar pantauan KabarSelebes.ID, sekira ratusan wisatawan lokal maupun luar daerah nampak berswafoto dan menikmati keindahan teluk Palu dari ketinggian, Minggu (27/12/2020).

Puncak Salena sendiri berada di Dusun Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulu Jadi atau sekitar 7,7 KM dari pusat kota Palu. Butuh waktu kurang lebih 30 Menit untuk sampai di Puncak Salena.

Akses jalan menuju puncak salena yang sudah beraspal. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

Jalan yang ditempuh untuk sampai ke puncak terjal dan berliku. Walakin, hal itu tak jadi masalah. Lelah akan terbayarkan dengan sejuknya udara, dan indahnya suasana pegunungan. Belum lagi di tengah perjalanan, pengunjung bisa melihat aktivitas masyarakat Adat Salena dengan segala kesederhanaannya.

Belum lama ini jalan menuju puncak salena sudah dibenahi oleh pemerintah. Akses jalan yang sebelumnya masih dipenuhi bebatuan kini telah mulus beraspal. Kendaraan roda dua maupun roda empat yang dulu sangat jarang bisa sampai ke Puncak, kini nampak memenuhi area bukit.

Perbaikan akses itu diakui menjadi salah satu daya tarik warga untuk mengunjungi Puncak Salena. Fahri (16) warga kota Palu misalnya. Ia mengaku baru pertama kali berkunjung ke Puncak Salena.

Ramainya postingan di berbagai platform media sosial, akan perbaikan akses dan keindahan alam bukit Salena membuatnya tertarik mengajak kawan untuk berkunjung. “Enak di sini, dingin udaranya,” kata dia.

Hal senada juga diutarakan pengunjung lainnya, Sahril (22), yang sudah 2 kali berkunjung ke bukit Salena. Pada kunjungan kedua kali ini dia mengaku penasaran melihat kondisi bukit Salena yang kini jalannya sudah beraspal.

“Jalannya dulu kan masih penuh batu, jadi mau rasakan yang udah diaspal,” katanya diiringi tawa sumringah.

Kata Sahril sebab pengaspalan jalan, puncak Salena tak seperti sebelumnya, kini telah ramai dipenuhi pengunjung.

Pengunjung menikmati keindahan bukit salena. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

“Lebih ramaian sekarang. Sebelum diaspal (Jalan) belum ramai seperti sekarang, masih bisa dihitung jari lah (Pengunjung),” ujarnya.

Sahril juga menuturkan sebelumnya kendaraan yang bisa naik mencapai puncak tidak sembarangan. Dia bilang kendaraan harus mumpuni untuk bisa menembus puncak.

“Semenjak jalan udah bagus kendaraan semua pada naik,” katanya.

Ramainya warga yang berkunjung ke bukit Salena menurutnya suatu hal yang positif. Meski begitu dia berharap kondisi itu tidak menyebabkan tempat wisata yang masih asri itu dikotori oleh tangan-tangan pengunjung yang jail.

“Ramainya yang kondusif lah, tidak ramai acak-acakan penuh dengan sampah,” katanya. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Gelar Musda ke V, Berikut Nama-nama Formatur DPW PAN Sulteng Terpilih

PALU, Kabar Selebes - Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mengumumkan nama-nama formatur pengurus Dewan...

Close