Warga Lanjut Usia Kawatuna Palu Antusias Ikut Posyandu Lansia di Tengah Pandemi

oleh -
Tenaga medis tengah memeriksa kesehatan warga lanjut usia pada posyandu lansia di Kelurahan Kawatuna, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (26/12/2020). (Foto: Indrawati/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Posyandu jadi salah satu garda terdepan para tenaga medis melindungi warga lanjut usia (Lansia) di tengah wabah. Peran posyandu menjadi sangat penting untuk mendeteksi gejala Covid-19, khususnya untuk masyarakat yang telah memasuki usia renta.

Dari pantauan jurnalis KabarSelebes.ID, Sabtu (26/12/2020), terlihat sejumlah warga Lansia mengantri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada pelaksana posyandu lansia di Kelurahan Kawatuna, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Posyandu yang rutin digelar setiap bulan ini, bertujuan memantau dan menjaga kesehatan para lansia yang termasuk kelompok paling rentan mengalami gangguan kesehatan terlebih saat pandemi Covid-19.

“Posyandu lansia dilaksanakan pada minggu ke tiga setiap bulan, memang waktu awal-awal adanya korona sempat diberhentikan. Jadi kita hentikan untuk sementara para lansia untuk datang ke posyandu tapi kita tetap layani dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah warga,” kata Isnaeni, Lurah Kawatuna.

Isnaeni menambahkan meski pelayanan sempat terhenti akibat adanya virus korona, namun sejak bulan Juni pihaknya sudah membuka kembali layanan bertempat di kantor Kelurahan Kawatuna.

Pada posyandu itu setiap lansia diperiksa kadar kolestrol, darah dan juga diberi vitamin secara gratis.  

Ketua kader posyandu Kelurahan Kawatuna, Miati mengatakan, meski masih banyak lansia yang belum aktif dalam posyandu, pihaknya mengaku tetap dapat mengontrol kesehatan para lansia.

“Dari sekitar ratusan lebih lansia yang ada di kelurahan Kawatuna, yang aktif itu hanya sekitar 30-an orang, namun semangat para lansia yang mengikuti posyandu cukup antusias,” pungkasnya. (iz/ap/fma)

Laporan: Indrawati

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 31 times, 1 visits today)