BNN Palu Ungkap 2 Kasus Narkoba Selama Tahun 2020

  • Bagikan
BNN Palu saat menggelar konferensi pers, Senin (28/12/2020). (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Badan Narkotika Nasional Kota Palu, Sulawesi Tengah berhasil mengungkap 2 kasus narkotika/prekursor narkotika selama tahun 2020. Dari kasus itu 4 orang tersangka berhasil diamankan.

“Sementara itu jumlah barang bukti yang disita sepanjang tahun 2020 oleh BNN Kota Palu Shabu 81.91 gram, 2 timbangan digital, 3 unit handphone, 1 unit motor mio soul dan uang tunai Rp. 6.700.000,” kata kepala BNN Palu, Ajun Komisaris Besar Polisi Baharuddin saat menggelar konferensi pers di Palu, Senin (28/12/2020).

Baharuddin menuturkan dari seluruh kasus yang diungkap, pihaknya berhasil mengidentifikasi 6 jaringan sindikat narkoba yang menjalankan bisnisnya.

6 jaringan sindikat itu berasal dari daerah kota Palu yang selama ini memang rawan terjadi aktivitas penyalahgunaan barang haram tersebut. Tempat itu yakni Kecamatan Tatanga, Kelurahan Kayu Malue, Jl. Anoa (Kelurahan Tatura Utara Palu), Kelurahan Baru dan Kelurahan Pantoloan.

Pihaknya pun mengakui intervensi ataupun kampanye anti Narkoba yang dilakukan pada tahun 2020 memang tidak berjalan maksimal. Hal itu disebabkan kurangnya anggaran untuk melakukan penindakan, belum lagi wabah pandemi Covid-19 dan juga kurangnya dukungan dari pemerintah setempat.

“Biasanya BNN Kota Palu menghadirkan peserta hampir mencapai 600 orang, tahun ini hanya bisa dilakukan secara virtual dengan hanya menghadirkan forkompimda sebanyak 20 orang, sedangkan untuk pembentukan relawan anti narkoba sebanyak 30 orang dan satgas anti narkoba dilingkungan pendidikan SMP sebanyak 18 satgas,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya berharap, semua intansi terkait ke depan bisa bekerja sama memerangi kasus narkoba di Kota Palu, utamanya Sulawesi Tengah, agar bisa turun dari peringkat 4 penyalahgunaan narkoba terbanyak di Indonesia menuju ke urutan 20.

“Harapan kita ke depan ada dukungan pemerintah daerah sehingga semakin banyak bisa melakukan penindakan,” pungkas Baharuddin. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
BPOM Palu Musnahkan 6.011 Picis Obat dan Makanan Ilegal

PALU, Kabar Selebes - Sebanyak 6.011 picis produk obat dan makanan ilegal dimusnahkan Badan Pengawasan...

Close