Puluhan Tenaga Pendidik Terpapar Corona, Disdik Palu Tunda Rencana Pembelajaran Tatap Muka

oleh -
Ilustrasi : Anak sekolah di tengah pandemi (Foto: KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Dinas pendidikan kota Palu, Sulawesi Tengah menunda rencana pembelajaran tatap muka di awal tahun 2021. Keputusan itu diambil melihat masifnya penularan Covid-19 di Palu bahkan puluhan tenaga pendidik turut menjadi korban.

“Kami akan keluarkan kebijakan kita akan tunda dulu (Pembelajaran tatap muka),” kata Ansyar Sutiadi, kepala Dinas Pendidikan Palu, kepada wartawan di kantornya, Selasa (29/12/2020).

Ansyar menjelaskan sudah berkordinasi dengan dinas kesehatan yang mana menyarankan penundaan pembelajaran tatap muka. Hal itu terpaksa diambil melihat puluhan tenaga pendidik yang terinfeksi bahkan meninggal dunia sebab Covid-19.

Belum lagi kata dia saat ini banyak rumah sakit rujukan yang telah dipenuhi oleh pasien Covid-19.

Lebih lanjut Ansyar menjelaskan, pihaknya sebelumnya telah menindak lanjuti surat revisi ketiga keputusan bersama (SKB) 4 menteri akan rencana pembelajaran tatap muka.

Dalam SKB itu kata dia, setiap intansi pendidikan di daerah setempat diberikan kewenangan untuk mengatur petunjuk teknis ataupun panduan pembelajaran tatap muka.

Pihaknya pun sudah menindak lanjuti dengan menyusun petunjuk teknis pembelajaran tatap muka di sekolah baik Tk, SD, maupun SMP di tengah pandemi Covid-19.

Meski telah diteruskan ke sekolah-sekolah dengan batas waktu awal Januari 2021, melihat kondisi penularan Covid-19 di Kota Palu sudah terjadi transmisi lokal, pihaknya akan menunda sementara rencana pembelajaran tatap muka.

Demikian, Ansyar menegaskan dalam kondisi seperti saat ini keselamatan dan kesehatan peserta didik maupun tenaga pendidik menjadi prioritas utama.

“Sehingga pembelajaran tatap muka ini betul-betul kita laksanakan apabila pihak sekolah, warga sekolah dan orang tua peserta didik siap melaksanakan,” tandasnya. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 108 times, 1 visits today)