Harga Kedelai Naik, Harga Jual Tahu dan Tempe Ikut Naik

oleh -
Pabrik tahu Afifa yang terletak di Jalan Jati, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu yang tetap memproduksi meskipun harga kedelai naik. (Foto : Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Harga jual tahu dan tempe mengalami kenaikan menyusul naiknya harga kedelai di Indonesia.

Salah satu pabrik pengolahan tahu di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Afifa yang beralamatkan di Jalan Jati, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga saat ini telah menaikan harga jual tahu perkilonya.

Menurut pemilik pabrik pengolahan tahu Afifa, Safran, harga jual tahu yang sebelumnya senilai Rp38 ribu per satu cetakannya yang berisi 10 kilo naik seharga Rp40 ribu.

“Harga jual tahu bisa saja turun lagi jika harga kedelai telah turun lagi atau sudah normal. Bagusnya konsumen kami sudah mengerti naiknya harga jual tahu,” ujar Safran kepada KabarSelebes.id, Selasa (5/1/2020).

Ia menambahkan, dampak naiknya harga kedelai tidak mengakibatkan adanya pemecatan karyawan, karena produksi tahu pabrik miliknya tetap berjalan seper biasa.

Sedangkan stok kedelai yang tersisa di gudang penyimpanan, kata dia, diperkirakan bakal bertahan hingga setengah bulan kedepan.

Ia menyebutkan, untuk produksi tahu di pabrik miliknya, setiap bulannya harus membutuhkan sebanyak tiga ton kedelai.

“Kami sudah memesan kedelai dari Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur seharga Rp10 ribu per kilonya,” tandasnya. (rkb/rlm/fma)Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 36 times, 1 visits today)