BNNP Sulteng Miliki 35 Lembaga Jalankan Program Rehabilitasi Rawat Jalan

oleh -
Kepala BNNP Sulteng, Brigjen Pol Monang Situmorang didampingi Kepala Bagian Umum BNNP Sulteng saat menggelar rilis akhir tahun 2020. (Foto : Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Dalam rangka upaya penyelamatan para penyalahguna dari jeratan narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan rumah sakit dan Puskesmas telah memiliki 35 lembaga, baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat dalam menjalankan program rehabilitasi rawat jalan.

“Selama periode Januari hingga Desember 2020, BNNP Sulteng telah merehabilitasi 338 pasien dan satu lembaga yang menjalankan rehabilitasi rawat Inap yaitu Klinik Agung, ” sebut Kepala BNNP Sulteng, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Monang Situmorang, Rabu (6/1/2021).

Ia menjelaskan, pasien yang telah menjalani rehabilitasi mendapatkan layanan pasca rehabilitasi untuk menjaga kekambuhan pasien dari penyalahgunaan narkoba.

Jumlah pasien yang sedang menjalani layanan pasca rehabilitasi adalah 31 pasien.

“Pulih produktif adalah tujuan rehabilitasi yang berarti mereka mampu mempertahankan masa bersih tanpa narkoba dan kembali produktif,” ujarnya.

Menurut Monang, untuk menguatkan perlawanan terhadap narkoba, BNNP Sulteng juga membangun sinergi dengan seluruh pihak dalam bentuk kerjasama seperti organisasi pemerintah daerah, masyarakat dan pihak swasta.

Sejauh ini, hasilnya terus positif, dimana kedua belah pihak terus saling mendukung upaya pencegahan melalui sosialisasi dan tes urin.

Olehnya, menyikapi persoalan narkoba yang masih mengancam, Gubernur Sulteng telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) dan Instruksi Gubernur tentang rencana aksi nasional di daerah Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekusor Narkotika Nomor 2 Tahun 2019.

“Pada intinya adalah menginstruksikan kepada Bupati/Wali Kota, Kepolisian Daerah (Polda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi Vertikal yang ada di Sulteng untuk melaksanakan P4GN serta melaporkan hasilnya kepada Gubernur melalui Kepala BNNP Sulteng,” pungkasnya.

Monang menambahkan, Pergub dan Instruksi ini, akan mendorong percepatan seluruh instansi pemerintah dalam mengupayakan dukungan terhadap P4GN di Sulteng. (maf/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....