Kurun Waktu Januari-Desember 2020, Sidang di PN Kelas IA/PHI/Tipikor Palu Didominasi Kasus Pencurian dan Narkotika

  • Bagikan
Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA/PHI/Tipikor Palu.

PALU, Kabar Selebes – Dalam kurun waktu Januari-Desember 2020, Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA/PHI/Tipikor Palu mencatat kasus Pidana Umum (Pidum) didominasi kasus pencurian dan penyalahgunaan narkotika.

Humas PN Kelas IA/PHI/Tipikor Palu, Zaufi Amri, menyebutkan kasus Pidum biasa tercatat sebanyak 551 kasus.

Sedangkan penyalahgunaan narkotika, kata dia, sebanyak 184 kasus dan pencuarian 169 kasus.

Selain itu, PN Kelas IA/PHI/Tipikor Palu juga mencatat beberapa kasus lainnya seperti kasus Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), penipuan, penggelapan, penganiayaan, kepemilikan senjata api (Senpi) dan senjata tajam (Sajam) ilegal, perlindungan anak, serta penadahan, penerbitan dan pencatatan, pembunuhan, kepabeanan, pemalsuan surat hingga kasus Pilkada.

Kemudian, ada pula kasus perjudian, konservasi sumber daya alam, kesehatan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), pertambangan mineral dan batubara, pengeroyokan, pengrusakan, pemerasan dan pengancaman, penghasutan, serta perlindungan anak.

Bahkan, ada pula kasus Pencegahan dan Pemberantasan TPPU, satwa liar, pemerkosaan, pelayaran serta cukai, pelanggaran mengenai tanah, tanaman dan pekarangan, perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, serta kasus tipu muslihat.

“Perkara tersebut sebagian masih dalam proses sidang, minutasi (perkara yang sudah diputus baik yang telah atau belum berketetapan hukum tetap), serta ada dalam upaya hukum banding dan kasasi,” tertulis dalam kolom status perkara,” pungkasnya.

Ia menambahkan, kasus anak berhadapn dengan hukum (terlibat tindak pidana) tercatat sebanyak 33 kasus dengan terdakwa 43 anak.

Dari 33 kasus anak berhadapan dengan hukum tersebut telah putus atau di vonis oleh PN Kelas IA/PHI/Tipikor Palu.

Hanya saja, ada perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkrah), serta yang masih dalam upaya hukum banding dan kasasi.

“Kasus anak berhadapan dengan hukum, juga didominasi kasus pencurian sebanyak 27 kasus. Kemudian penyalahgunaan narkotika empat kasus, serta penganiayaan dan kejahatan kesusilaan masing-masing satu kasus,” tandasnya. (rkb/rlm/fma)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Kejari Palu Tangani 722 Perkara Sepanjang 2020, 86 Diantaranya Masih Sidang

PALU, Kabar Selebes - Berdasarkan data Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu, sebanyak 722 perkara khusus Tindak...

Close