Dampak Pandemi Covid-19, Daya Jual Komputer di Palu Turun Drastis

oleh -
Tampak Toko Ajwa Komputer Palu yang terlihat lengah dari aktifitas pembeli, Selasa (12/1/2021). (Foto : Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Dampak pandemi Covid-19, daya jual komputer di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengalami penurun drastis dari 100 persen hingga 50 persen.

Menyusul turunnya ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang melanda hingga saat ini.

Demikian diungkapkan Owner Toko Ajwa Komputer Palu, Maswan Samsudin kepada KabarSelebes.id, Selasa (12/1/2021).

Ia menjelaskan, untuk pengiriman stok barang elektronik khusus komputer masih berkurang sejak kondisi pandemi Covid-19 yang juga mengakibatkan melambungnya harga jual.

Hal itu, kata dia, terlihat dari beberapa merek barang elektronik yang di jualnya mengalami kekosongan stok.

“Tercatat sejak Desember 2020, laptop saja harganya bisa naik 50 persen atau sekitar Rp2 Juta per unit. Sedangkan untuk printer merek Epson kurang lebih mencapai harga Rp800-Rp900 ribu per unit. Stok barang yang langkah saat ini seperti merek Assus, Accer, dan printer Epson. Intinya Kita hanya dapat bersabar semoga corona bisa secepatnya berlalu dan ekonomi kembali pulih seperti dulu,” terangnya.

Diakuinya harga jual laptop hingga berbagai peralatan elektronik lainnya yang ditawarkan ke konsumen ikut dinaikan.

Pasalnya, para distributor peralatan elektronik telah menaikan harga jual.

“Mau tidak mau kita harus ikuti harga pasar. Naiknya harga bukan dari toko, tetapi penyebab dari distributor. Apalagi tahun ini kemungkinan terpuruknya ekonomi akan terus berlanjut,” tandasnya. (rkb/rlm/fma)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 30 times, 1 visits today)