Bantu Korban Gempa Bumi di Sulbar, Dinsos Parigi Moutong Kirim TAGANA

oleh -
Ariesto

PARIGI MOUTONG, Kabar Selebes – Guna membantu proses evakuasi korban terdampak gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Parigi Moutong Kirim Taruna Siaga Bencana (TAGANA). 

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Parigi Moutong, Ariesto melalui siaran persnya, Jum’at (15/1/2021) malam.

Tim yang di terjunkan untuk membantu  korban terdampak bencana sesuai dengan surat tugas yang ditandatangani oleh  Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong.

“Kami diamanatkan melakukan pendataan dan penentuan posko, karena dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong akan mengirimkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak gempa,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini tim relawan TAGANA Parigi Moutong menyasar Kabupaten Majene yang merupakan salah satu daerah terdampak di provinsi tersebut.

“Kami di lokasi bencana selain ikut terlibat proses evakuasi, juga membuka posko di Majene dan hasil laporan di sana, kami sampaikan ke Pemkab Parigi Moutong untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Selain tim yang bertugas di lokasi bencana selama 14 hari terhitung sejak tanggal 15-28 Januari 2021, dan melaporkan perkembangan terkini sebagai acuan Pemkab Parigi Moutong menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan di lapangan.

“Kami bergerak ke lokasi bencana melalui jalur darat dengan jumlah personel enam orang. Dari hasil laporan kami nanti tiga hari ke depan, kemungkinan besar Pemkab Parigi Moutong akan menurunkan tim selanjutnya,” ucap Ariesto.

Hingga kini, Sulteng terus mengirim relawan lintas instansi dan lembaga ikut terlibat kegiatan penanganan korban gempa Sulbar di masa tanggap darurat.

Sejak Jumat Pagi, Basarnas Palu mengerahkan dua tim sebanyak 12 personel berserta peralatan pendukung operasi SAR.

Lalu, relawan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan juga mengutus 12 personel, termasuk PMI Sulteng. (rkb/rlm)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....