Hari Ini, Tim SAR Gabungan Fokuskan Pencarian Korban Gempa Bumi Mamuju di 5 Sektor

oleh -
Apel siaga terpusat tim SAR gabungan yang dipimpin langsung Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Mamuju, Sulawesi Barat, Saidar Rahmat Jaya di halaman belakang Kantor Gubernur Sulbar, Ahad (17/1/2021). (Foto : Mohammad Arief/KabarSelebes.id)

MAMUJU, Kabar Selebes – Memasuki hari ketiga pasca bencana gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, Tim SAR gabungan akan memfokuskan upaya pencarian korban di lima sektor.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Mamuju, Sulawesi Barat, Saidar Rahmat Jaya, mengatakan dari semua pondensi yang diturunkan, ditambah yang baru bergabung kurang lebih sekitar 150 hingga 200 personel.

Jumlah itu akan di bagi lagi untuk memback up ke wilayah-wilayah mana saja yang dianggap mungkin masih ada korban maupun gedung, yang runtuh dan belum tersentuh oleh tim SAR.

Dari jumlah 150 personel itu nantinya akan dibagi menjadi enam kelompok, terdiri dari 20 orang dalam satu kelompok.

“Kita akan sesuaikan dan maksimalkan hari ini untuk melakukan penyisiran dan pencarian yang di dukung oleh K9 (anjing pelacak) yang diperbantukan oleh K9 Jakarta Rescue,” kata Saidar kepada sejumlah awak media, Ahad (17/1/2021).

Menurutnya, secara teknis tim SAR gabungan ini akan melakukan pencarian di semua wilayah yang akan di cover serta diikuti dengan K9 untuk penyisirannya.

“Mudah-mudahan untuk beberapa hari kedepan proses pencarian sudah diakhiri dan telah selesai mencover semua area-area yang sesuai dengan laporan atau aduan warga,” ujarnya.

“Jadi untuk hari ini akan dilakukan pencarian di lima sektor yang terpusat di wilayah Mamuju. Namun sebelum tim ini diterjunkan, sejak pagi sudah lebih dulu diturunkan tim inti Inasar,” sebutnya.

Dijelaskannya, tim Inasar ini merupakan tim inti yang dilengkapi dengan sejumlah peralatan lengkap dan memadai.

Sehingga tim tersebut betul-betul maksimal dalam melakukan penyisiran serta pencarian di sejumlah lokasi sektor yang telah ditentukan. (maf/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 99 times, 1 visits today)