Pengurus Baru Ikatan Alumni Teknik Elektro Untad Resmi Dilantik

oleh -
Suasana pelantikan pengurus baru Ikatan Alumni Teknik Elektro Untad Palu, Minggu (17/01/2021). (Foto: Istimewa).

PALU, Kabar Selebes – Pengurus Ikatan Alumni Teknik Elektro Universitas Tadulako (Untad) Palu resmi dilantik, Minggu (17/01/2021). Pelantikan yang bertempat pada salah satu hotel di Palu itu merupakan tindak lanjut musyawarah luar biasa yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Ihksan Syarifuddin, ST resmi menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Elektro yang baru menggantikan Gufran Ahmad, ST.,IPM. Dalam vision statemennya, Ihksan menyampaikan bahwa para alumni harus bisa belajar dari perkembangan revolusi industri untuk bisa menciptakan terobosan-terobosan baru di bidang elektrikal.

Dia mengambil contoh pada revolusi industri 2.0 di masa lampau momentumnya adalah penemuan energy listrik, di mana tokoh sentralnya adalah Michael Faraday penemu listrik, Thomas Alfa Edison penemu balon lampu serta Nicola Tesla penemu Alternating Current ( arus AC ).

“Bahkan nama Tesla diabadikan pada Mobil Listrik oleh Elon Musk saat ini, maka Alumni Elektro saat ini harus bisa memahami kondisi makro dalam industri ketenagalistrikan dan energy terbarukan dan peran dan manfaatnya buat perkembangan umat manusia,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa peluang di Sulteng saat ini ada pada pabrik baterai Lithium di Morowali, sebagai salah satu pabrik terbesar di dunia yang menelan biaya investasi sekitar 43 Triliun.

Selain itu, mobil listrik yang menjadi kendaraan masa depan menurutnya adalah potensi besar dan keniscayaan dalam bidang elektrikal.

Olehnya beberapa industri tersebut kata dia perlu dijadikaan isu strategis dan peluang di masa depan oleh alumni Elektro agar bisa sejajar dengan alumni-alumni lain dari kampus ternama.

Sementara, Ketua Ikatan Alumni Teknik, Ir Gufran Ahmad yang turut hadir pada pelantikan mengatakan, sinergitas dan kekompakan sesama Alumni Teknik sangat diperlukan agar bisa secara objective menangkap semua peluang yang ada.

Bahkan kata dia, semua database alumni nantinya dapat dipetakan dengan menggunakan system IT.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor Untad, Dr Muhammad Nur Ali, M.Si. Ia melihat ada optimisme serta komitmen dari pengurus yang bisa diwujudkan secara real dengan tema besar tentang membangun stakeholder dan technopreneur akan menjadikan Alumni Elektro bisa berkontribusi ke daerah.

Dia juga akan melakukan tindaklanjut kerjasama yang bisa mengangkat isu energi alternatif terbarukan sebagai salah satu solusi energi di Sulteng ke depannya. (rkb/ap)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....