Gugatan Pasangan Darmin-Amjad Pada Pilkada Poso di MK, Moh. Faisal, SH: Masyarakat Harus Hormati Itu

oleh -
Pengacara muda Kabupaten Poso, Moh. Faisal, SH

POSO, Kabar Selebes – Gugatan pasangan nomor urut 2, Darmin Agustinus Sigilipu-Amjad Lawasa pada Pilkada Poso 2020, terkait permohonan pembatalan di Mahkamah Konstitusi (MK) akhir-akhir ini menjadi sorotan dan menarik didiskusikan.

Permohonan pembatalan di MK oleh pasangan nomor urut 2 itu terkait keputusan KPU Poso Nomor 3027/PL.02.6-Kpt/7202/KPU.KAB/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Poso ter tanggal 17 Desember 2020.

Sebagai pengacara atau advokat muda berbakat di Kabupaten Poso, Moh. Faizal, SH yang akrab disapa Oni, mengomentari proses permohonan tersebut.

Menurutnya, ketika permohonan ke MK diajukan dan terdaftar dalam nomor register perkara, maka proses pelantikan pun belum bisa dilakukan.

Meskipun pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Poso terpilih yang telah memicu perdebatan di semua kalangan masyarakat itu dijadwalkan pada pertengahan Februari 2021 mendatang.

Prinsipnya, kata dia, ketika suatu gugatan atau permohonan diajukan pada pengadilan, maka apapun hal-hal yang berkaitan dengan objek sengketa belum dapat dilakukan demi hukum. Apalagi dalam permohonan petitumnya sampai meminta penundaan, maka hal itu wajib dipertimbangkan oleh MK.

Tidak hanya itu, berdasarkan Peraturan MK Nomor 8 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan MK Nomor 7 Tahun 2020 tentang tahapan, kegiatan, dan jadwal penanganan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota, putusan permohonan akan dibacakan oleh MK pada 24 Maret 2021.

“Maka, sebagai masyarakat Kabupaten Poso yang baik, saran saya, alangkah baiknya kita, seluruh masyarakat menunggu hasil pembacaan putusannya. Sehingga kita pun dapat menghormati dan menghargai proses yang sedang berjalan,” pungkasnya. (rdn/rlm/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 1.700 times, 1 visits today)