Cuaca Buruk Dorong Naiknya Harga Ikan di Palu

  • Bagikan
Suasana tempat penjualan ikan di pasar tradisional Masomba, Kota Palu. (Foto: Rifaldi Kalbadjang/ Kabar Selebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Kondisi cuaca tidak menentu yang belakangan terjadi berpengaruh terhadap harga jual ikan di pasar tradisional Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Burhanuddin salah seorang penjual ikan di pasar tradisional Masomba, Kota Palu Kepada KabarSelebes.ID Kamis (28/01/2021) mengatakan, saat ini harga ikan naik-turun akibat kondisi tersebut.

Misalnya saja kata dia harga ikan katombo yang dijual sekitar Rp 20 ribu per lima ekor. Dia bilang para pembeli terkadang mengeluh jika terjadi kenaikan harga.

“Mau diapa lagi mahal atau murah tergantung harga ikan laut yang disesuaikan dengan cuaca. Sedangkan kita juga beli ke pengepul biasa harganya juga seperti itu,” ucapnya.

Pasokan ikan lanjutnya, didatangkan dari beberapa wilayah yang ada di pulau Sulawesi itu Kabupaten Parigi, Donggala, Banggai, Tojo Una-una hingga sebagian wilayah Provinsi Gorontalo.

Di sisi lain ia juga mengungkapkan pandemi Covid-19 tak berpengaruh terhadap penjualan. Jumlah pembeli yang datang ke pasar ikan menurutnya masih cukup normal dari hari biasanya.

Meski demikian, omset yang didapat dari berjualan dalam sehari juga turut tak menentu dengan kisaran mencapai Rp 300-200 ribu. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan