Kapolri Baru Diharapkan Mampu Berantas Kelompok Radikalisme Poso

  • Bagikan
Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo

POSO, Kabar Selebes – Pelantikan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru diharapkan mampu memberantas kelompok radikalisme di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Demikian diungkapkan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso, Ray Metusala kepada KabarSelebes.id, Kamis (28/1/2021).

Ray berharap, kepemimpinan Kapolri baru dapat memberikan titik terang terhadap upaya pemberantasan kelompok-kelompok radikalisme di Poso.

Hal itu, kata dia, karena melihat di tahun terakhir Satgas Tinombala tidak lagi efektif menjalankan tugas-tugasnya. Bukannya memberantas kelompok radikalisme dan memberikan rasa aman bagi warga setempat, Operasi Tinombala justru menimbulkan insiden salah tembak yang menewaskan 3 warga sipil.
Meskipun menimbulkan insiden, justru masa tugas Satgas Tinombala diperpanjang.

“Hal tersebut itulah yang menimbulkan kritikkan terhadapan Institusi Polri, yang terkesan tidak mengedepankan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2009 tentang implementasi prinsip dan standar Hak Asasi Manusia dalam penyelenggaraan tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, setelah beberapa tahun dilakukan pengejaran terhadap kelompok radikalisme tersebut dan sampai hari ini belum berhasil, artinya apa? Ada yang salah dalam penanganan itu.

Lebih lanjut ia meminta agar Kepolisian yang dipimpin Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo tidak gagap dalam menyelesaikan persoalan tersebut.
Ia juga berharap adanya strategi baru dari Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam menyelesaikan persoalan terorisme di Poso melalui pendekatan-pendekatan yg mengedepankan HAM.

“Agar masyarakat tidak lagi waspada dan takut ketika berkebun dan tidak ada lagi dana yang terbilang cukup besar, yang harus dikeluarkan oleh negara,” pungkasnya. (rdn/rlm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
The Rainforest Alliance dan Pemkab Poso Gelar Lokakarya Regional

POSO, Kabar Selebes - The Rainforest Alliance dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso melalui Dinas Pertanian...

Close