Pilkada Palu 2020, Penetapan Walikota Terpilih Masih Tunggu Putusan MK

oleh -
Ketua KPU Palu, Agus Salim Wahid

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palu masih menunggu keputusan dari Makamah Konstitusi (MK) terkait jadwal penetapan Walikota dan wakil walikota Palu terpilih di Pilkada serentak 2020. 

Hal demikian diungkapkan langsung oleh Ketua KPU Palu, Agus Salim Wahid saat ditemui KabarSelebes.ID di Kantornya, Selasa (02/02/2021).

Menurutnya, penetapan Walikota Palu terpilih seharusnya sesuai tahapan yang disusun KPU akan berlangsung pada 17 Februari 2021 mendatang.

Akan tetapi karena KPU masih menjalani sidang gugatan yang diajukan oleh salah satu pasangan calon, maka penetapan maupun jadwal pelantikan harus diundur.

“Jadi secara otomatis kita menyesuaikan dengan jadwal yang ada di Makamah Konstitusi,” katanya.

Sesuai PKPU 5 tahun 2020 lanjut dia, dijelaskan bagi KPU kota maupun Kabupaten yang terdapat permohonan PHP (Perselisihan hasil pemilihan) maka penetapan dilakukan paling lama setelah 5 hari putusan MK diterima oleh KPU.

Sementara, proses sidang kata Agus sebelumnya telah dilaksanakan sebanyak satu kali dan masih menunggu sidang selanjutnya di tanggal 8 februari.

“kita berharap setelah itu MK sudah menetapkan atau mengambil keputusan, sehingga KPU kota Palu sudah bisa melakukan penetapan calon terpilih, dan persiapan pelantikannya,” demikian Agus.

Diketahui, KPU Palu sebelumnya telah menetapkan hasil rekapitulasi suara pilkada 2020, di mana pasangan nomor urut 2, Hadianto Rasyid – Reny A Lamadjido berhasil mengungguli tiga kandidat lainnya.

Total suara yang diraih Hadianto Rasyid- Reny A Lamadjido yakni 64.249 suara disusul paslon Imelda Liliana Muhidin – Arena jr Parampasi 37.650 suara, kemudian petahana Hidayat – Habsayanti ponulele 30.372 dan Aristan-Wahyuddin sebanyak 28.390 suara. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 58 times, 1 visits today)