Polres Poso Tangkap Terduga Pelaku Curanmor

  • Bagikan
Satu unit motor yang diduga kuat hasil pencurian, yang diamankan oleh personel gabungan Polres Poso dan Polsek Lage pada saat menangkap terduga pelaku MI di kediamannya di Desa Balinggara, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-Una, Senin (1/2/2021). (Foto : Istimewa)

POSO, Kabar Selebes – Kepolisian Resor (Polres) Poso, berhasil menangkap seorang pria berinisial MI (28) warga Desa Balinggara, Kecamatan Ampanan Tete, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, yang merupakan terduga pelaku pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor, Senin (1/2/2021).

Kapolres Poso melalui Kasat Reskrim, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Aji R. Nugroho, kepada KabarSelebes.id mengatakan, penangkapan terduga pelaku MI berawal dari laporan seorang warga, Sasmita Palangi (23) asal Desa Toyado, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, pada Jum’at (29/1/2021), yang menjadi korban Curanmor.

Dijelaskannya, kronologis kejadiannya, sekitar pukul 13.00 WITA, ayah pelapor memarkirkan sepeda motor miliknya dengan nomor polisi DN 3841 ES di teras rumah yang terletak di Dusun I,  Desa Toyado, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, tanpa mencabut kuncinya.

Sekitar pukul 15.00 WITA, adik pelapor menelpon dan menyampaikan bahwa sepeda motor miliknya telah hilang.

“Yang bersangkutan kemudian melaporkan kejadian itu, ke Polsek Lage,” ujarnya.

Setelah dilakukan penyelidikan dan penyidikan, kata dia, personel gabungan Polres Poso dan Polsek Lage berhasil menangkap MI yang kesehariannya sebagai petani di kediamannya di Desa Balinggara, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-Una.

Selain menangkap MI, polisi juga mengamankan 1 unit sepeda motor yang diduga hasil curian.

“MI kami tangkap di rumahnya pada Senin subuh dan diamankan di Polsek Lage,” terangnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengakuan MI, dirinya telah melakukan aksinya sebanyak dua kali, di Desa Buluri dan Sabu, Kabupaten Tojo Una-Una.

Sehingga, perkara ini kemudian dikembangkan untuk melacak keterlibatan terduga pelaku lain atau jaringannya.

“Dalam aksinya di Desa Buluri dan Sabu, MI berhasil membawa kabur 2 unit motor,” pungkasnya.

Aas perbuatannya, kata dia, MI diancam dengan pidana penjara diatas lima tahun, karena melanggar Pasal 363 Ayat 1 KUHAP tentang pencurian. (rdn/rlm/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan