BRI Telah Salurkan BPUM ke 102.905 UMKM di Sulteng

  • Bagikan
Ekwan Darmawan, Kepala Bank BRI Cabang Palu.

PALU, Kabar Selebes – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) telah mencairkan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM ) atau Bantuan Presiden (Banpres) periode 2020 kepada sebanyak 102.905 UMKM di Sulawesi Tengah. Pencairan bantuan itu diketahui kembali diperpanjang hingga 18 Februari 2021 mendatang.

Secara nasional BRI telah mencairkan kepada 7,8 juta penerima dengan nominal mencapai Rp 18,7 triliun sampai akhir Desember 2020. Sedangkan total penerima di Sulteng kurang lebih sekitar 132.640 orang atau senilai Rp. 71.364.000.000.

“Dengan rincian Sulteng yang sudah terima ada sekitar 102.905 orang dan belum terima 29.735 orang. Khusus BRI Cabang Palu masih tersisa 12.569 penerima,” jelas Kepala Bank BRI Cabang Palu, Ekwan kepada KabarSelebes.ID, Kamis (04/02/2021).

Dijelaskannya perpanjangan penyaluran bantuan tersebut sesuai instruksi Kementerian Koperasi dan UKM. Bank BRI sebagai salah satu penyalur bantuan menargetkan penerima di Sulteng mencapai angka 90 Persen.

Diketahui bahwa bagi setiap penerima akan mendapat bantuan sebesar Rp2,4 juta yang bersumber dari dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dengan adanya perpanjangan masa penyaluran BPUM, diharapkan masyarakat penerima bantuan dapat mengambil haknya di kantor BRI terdekat dengan lebih leluasa dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” harap Ekwan.

Ekwan juga mengungkapkan, dalam melaksanakan pelayanan pencairan BPUM, Unit Kerja BRI selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak. Di antaranya dengan Satgas Covid-19 dan termasuk dalam mengatur jumlah layanan maksimal per hari sesuai rekomendasi.

“Kami pun melibatkan pemerintah setempat, Satgas covid serta pihak berwajib lain untuk mengatur kegiatan pelayanan BPUM agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan,” tandasnya. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan