Tunjukan Toleransi, Umat Islam dan Kristen Desa Sintuwulemba Poso Kerja Bakti di Masjid

  • Bagikan
Warga desa Sintuwulemba saat melaksanakan kerja bakti di masjid Al-Hijrah, Jumat (05/02/2021). (Foto: Istimewa).

POSO, Kabar Selebes – Toleransi antar umat beragama ditunjukan warga Desa Sintuwulemba, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam sebuah program Jumat bersih (05/02/2021).

Baik warga beragama Islam dan Kristen sangat antusias gotong royong kerja bakti di lokasi masjid Al-Hijrah tanpa memandang perbedaan yang ada hanya niat saling membantu sesama.

Kerja bakti yang dilakukan warga pada Jumat itu secara swadaya membangun teras masjid untuk melakukan penimbunan pondasi halaman masjid. Suasana toleransi antar umat beragama terjalin penuh keakraban.

Yopy Hary warga Desa Sintuwulemba yang juga Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat menyampaikan, kerja bakti merupakan program pemerintahan desa yang digelar secara rutin di setiap hari Jumat yang melibatkan masyarakat dengan sasaran fasilitas umum.

Kata Yopy, kegiatan ini bukan hanya kerja bakti melainkan membangun keakraban satu dengan yang lainnya antara warga setempat.

“Di desa ini kan jadi ikon konflik Poso jadi kami hilangkan itu dengan memperlihatkan toleransi antar umat beragama,” ucap Yopy kepada KabarSelebes.ID, Sabtu (06/02/2021).

Yopy pun menuturkan, selain di Masjid kegiatan yang serupa juga turut dilaksanakan di Gereja. 

“Kami pemerintah desa itu mengajak masyarakat untuk terlibat bekerja sama di rumah ibadah maupun fasilitas umum lainnya. Waktu sebelum Natal gereja membuat pagar kami ajak masyarakat semua di desa ini untuk ikut baku bantu,” terangnya.

Menurut Yopy, program kerja bakti selain membangun desa upaya pemerintah dalam membangun silaturahmi antar umat beragama di Desa Sintuwulemba. Ia menginginkan Sintuwulemba bisa menjadi desa percontohan di Poso bagaimana pentingnya hidup bertoleransi. (rdn/ap/fma).

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan