DKPP RI Dipastikan Segera Menggelar Sidang Sengketa Pilkada Poso

  • Bagikan
Kuasa hukum pasangan Darmin-Amdjad, Abd. Mirsad Buimin, SH, bersama Moh. Hasan Ahmad, SH, saat berada di Kantor DKPP RI yang memastikan kembali pelaksanaan sidang aduan kliennya, pada Jum'at (5/2/2021). (Foto : Istimewa)

POSO, Kabar Selebes – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI) dipastikan segera menggelar sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Poso 2020, Sulawesi Tengah.

“Saya bersama bapak Moh. Hasan Ahmad, SH, yang juga salah satu kuasa hukum pasangan Darmin Agustinus Sigilipu-Amdjad Lawasa di Pilkada Poso, sudah mendatangi Kantor DKPP RI di Jakarta pada hari Jum’at,” ujar Abd. Mirsad Buimin, SH, kepada KabarSelebes.id, Ahad (7/2/2021).

Ia mengaku kedatangan mereka ke DKPP RI itu, untuk memastikan kembali aduan pasangan Darmin-Amdjad agar segera disidangkan.

Hanya saja, pelaksanaan sidang sengketa Pilkada dengan terlapor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso itu, menunggu jadwal.

“Kemungkinan sidangnya akan digelar pekan depan,” katanya.

Dikatakannya, bakal dilaksanakannya sidang aduan sengketa Pilkada Poso berdasarkan Nomor Register Perkara : 37-PKE-DKPP/I/2021, DKPP-RI.

“Aduan tersebut adalah bentuk pengawasan terhadap penyelenggara Pilkada Poso,” terangnya.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Ketua KPU Poso, Budiman Maliki, tidak berkomentar banyak.

Ia hanya mengaku tengah berada di Jakarta dan akan mengikuti sidang.

“Saya lagi di Jakarta, siap-siap mau ikut sidang,” akunya.

Diketahui, aduan pasangan Darmin-Amdjad yang merupakan kandidat Pilkada Poso 2020, nomor urut 2 tersebut berawal dari dugaan yang dilakukan KPU Poso.

Diduga, KPU Poso dengan sengaja menerima pasangan dr. Verna G.M. Inkiriwang-M. Yasin Mangun, saat pendaftaran kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Poso, pada 4 September 2020, yang tanpa dihadiri oleh Ketua DPC Partai Demokrat Poso, yang merupakan salah satu partai pengusung atau pengusul. 

Berdasarkan penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan pencalonan serta kelengkapan persyaratan calon, KPU Poso langsung menerima pasangan Verna-Yasin dan menyatakan telah memenuhi syarat yang telah dituangkan dalam Berita Acara pendaftaran bakal pasangan calon dalam Pilkada serentak Poso.

Bahkan, Berita Acara tersebut ditandatangani seluruh komisioner KPU Poso. (rdn/rlm/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan