TNI-Polri Intensifkan Operasi Yustisi, Wabup Donggala Malah Abaikan Prokes

oleh -
Operasi Yustisi yang dilaksanakan personel gabungan TNI-Polri di Pasar Inpres Manonda Ganti, Kabupaten Donggala, pada Senin (8/2/2021). (Foto : doc Polsek Banawa)

DONGGALA, Kabar Selebes – Meskipun personel gabungan TNI-Polri di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, terus mengintensifkan Operasi Yustisi sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan atau prokes seperti menggunakan masker. Justru, berbeda dengan apa yang dilakukan Wakil Bupati  (Wabup) Donggala, Mohamad Yasin, S.Sos, dianggap tidak mencerminkan contoh yang baik kepada masyarakat terhadap prokes seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Baru-baru ini, foto Wabup Mohamad Yasin yang diunggah akun bernama Idrus di media sosial Facebook menimbulkan opini negatif sebagian besar masyarakat di Kabupaten Donggala.

Pasalnya, dalam foto tersebut, Wabup Mohamad Yasin terlihat sedang bernyanyi tanpa menggunakan masker sambil berdekatan dengan salah seorang masyarakat di sebuah pesta perkawinan di Dusun Lera, Desa Tolonggano.

Tindakan mengabaikan prokes Wabup Muhamad Yasin itu, tentunya sangat disayangkan, karena tidak sesuai dengan Surat Edaran Kapolri, Gubernur dan Peraturan Bupati (Perbup) Donggala.

“Itu foto disebuah pesta perkawinan keluarga di Desa Tolonggano, pekan kemarin. Saat itu, pesta sudah berakhir dan tidak ada lagi tamu undangan, kecuali keluarga yang berpesta. Apakah ada masalah dengan itu!!,” ujar Wabup Muhamad Yamin yang dikonfirmasi terkait hal itu, via WhatsApp, Selasa (9/2/2021).

Wabup Muhamad Yamin yang ditanya soal mengabaikan prokes, karena tidak menggunakan masker seperti yang terlihat dalam foto, tidak berkomentar banyak.

Melainkan hanya mengucapakn terima kasih atas perhatiannya.

Wakil Bupati Donggala, Muhamad Yasin dalam sebuah foto yang diunggah di media sosial Facebook oleh akun bernama Idrus, terlihat mengabaikan prokes. (Foto : Istimewa)

“Insya Alah, saya selalu taat terhadap protokol Covid-19. Ketika bernyanyi dan menyampaikan sambutan, saya mengganti masker dengan pelindung mic yang selalu saya bawa kemana-mana,” ujarnya.

Sementara itu, Kepolisian Resor (Polres) Donggala beserta jajaran terus mengintensifkan Operasi Yustisi bersama TNI.

Pada Senin (8/2/2021), Kepolisian Sektor (Polsek) Banawa bersama personel TNI dari Kompi Senapan A 711 Mekar Baru melaksanakan Operasi Yustisi.

Operasi Yustisi itu, dipusatkan di Pasar Inpres Manonda Ganti.

Dalam Operasi Yustisi tersebut, Kapolsek Banawa Inspektur Polisi Satu (Iptu) Tirtayasa Effendi, menyebutkan sebanyak empat orang masyarakat yang terjaring, karena kedapatan tidak menggunakan masker ketika berkendara.

Keempat orang masyarakat tersebut kemudian didata dan diberikan imbauan serta diberikan masker oleh personel gabungan TNI-Polri.

“Operasi Yustisi kami laksanakan setiap hari, mulai pagi hingga sore. Ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020, dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 32 Tahun 2020, dalam rangka pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi prokes,” jelas Tirtayasa kepada KabarSelebes.id. (maf/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 36 times, 1 visits today)