Buka Resmi Musrenbang Bungku Tengah, Bupati Morowali: Capaian Kinerja Pemda Harus Dipertahankan

oleh -
Suasana Musrenbang 2021 Kecamatan Bungku Tengah di Aula Kantor Camat, Kelurahan Marsaoleh, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis (11/02/2021). (Foto: Istimewa)

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Kecamatan Bungku Tengah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2021 di Aula Kantor Camat, Kelurahan Marsaoleh, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Kamis (11/02/2021).

Kegiatan Musrenbang dibuka secara resmi oleh Bupati Morowali, Taslim, dengan mengusung tema “Pemantapan Kualitas dan Pemerataan Pelayanan Dasar Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi dan Sosial Masyarakat,”.

Pada kesempatan itu, Taslim mengatakan tujuan dari Musrenbang 2021 untuk merencanakan program kegiatan pada tingkat kecamatan, lurah dan desa. Serta mengevaluasi permasalahan yang terjadi di tahun sebelumnya. Selain itu, Musrenbang juga bertujuan untuk merencanakan program kerja pada 2022.

“Pada 2020 sejumlah program capaian kinerja Pemda harus dipertahankan dan ditingkatkan. Hal tersebut bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dilanjutkannya, bahwa capaian kinerja penting diketahui. Salah satunya yakni terjadinya peningkatan di bidang pendidikan. Pada bidang ini, Pemda telah membangun fasilitas pendidikan di seluruh pelosok terpencil, khususnya pada wilayah kepulauan, di antaranya membangun perumahan guru dan memberikan bantuan perahu bagi siswa, pemerataan tenaga pengajar dan peningkatan insentif bagi tenaga kontrak.

Selain itu, pembangunan fasilitas kesehatan, pemerataan tenaga medis, peningkatan insentif bagi tenaga medis dan tenaga honorer pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), memajukan rumah sakit dengan membangun rumah tunggu bagi keluarga pasien, menjamin kesehatan gratis bagi warga melalui BPJS Kesehatan, menurunkan angka kemiskinan, dan pemberian bantuan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu.

“Ini semua tentunya untuk mengurangi angka kemiskinan di Morowali,” katanya.

Taslim juga mengingatkan, bahwa Musrenbang Kecamatan Bungku Tengah diharapkan dapat memberikan pemahaman pembangunan. Mengingat Kecamatan Bungku Tengah selain Ibukota Kabupaten juga sebagai Kota Jasa dan Perdagangan. Olehnya, upaya Pemerintah Kecamatan, Desa dan Lurah sangat dibutuhkan dalam menuntaskan kemiskinan.

“Saya berharap, melalui Musrenbang Ini Pemerintah Kecamatan, Lurah dan Desa dapat bersinergi dalam menuntaskan kemiskinan yang menjadi target bersama, dengan membuat data akurat untuk disasar dalam memberikan bantuan dan meningkatkan kualitas SDM kewirausahaan bagi masyarakat,” harapnya.

Turut hadir pada kegiatan itu Ketua DPRD Morowali Kuswandi, Assisten III Bidang Administrasi dan Umum Husban Laonu, Kepala Bappeda Emil Monto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ramli Sanudin, Camat Bungku Tengah M Asfar, para lurah dan kepala desa se-Kecamatan Bungku Tengah, ketua TP PKK desa dan kelurahan, serta sejumlah staf Kecamatan Bungku Tengah. (ahl/ap)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 109 times, 1 visits today)