Hadi-Reni Ditetapkan Jadi Walikota dan Wakil Walikota Palu

oleh -
Paslon Hadianto Rasyid – Reni A Lamadjido saat menerima salinan keputusan penetapan oleh KPU di Hotel Santika Palu, Sabtu (20/02/2021).(Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Hadianto Rasyid dengan pasangannya Reny A Lamadjido sebagai Walikota dan Wakil Walikota Palu. Penetapan dilakukan lewat rapat pleno terbuka di Hotel Santika Palu, Sabtu (20/02/2021).

Ketua KPU Palu, Agus Salim Wahid saat membuka rapat pleno terbuka menuturkan, keputusan waktu penetapan Walikota terpilih setelah melakukan rapat pada kamis sebelumnya.

Keputusan penetapan juga berdasarkan PKPU Nomor 5/2020 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan bahwa lima hari setelah Makamah Konstitusi (MK) memutuskan permohonan dinyatakan gugur.

Berita acara dan Surat Keputusan penetapan pada kesempatan itu ditandatangani oleh Ketua KPU Palu beserta jajaran. Salinan berita acara langsung diserahkan kepada paslon Hadianto Rasyid-Reni A Lamadjido, Wakil DPRD Palu, Bawaslu Palu, beserta partai politik pengusung.

Pasangan Hadianto – Reny sebelumnya ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak di Pilkada Palu dengan perolehan 64,249 atau 40,09 persen dari suara keseluruhan. Paslon nomor urut dua itu berhasil unggul dari tiga kandidat lainnya di Pilkada serentak Palu tahun 2020.

Sebelumnya pelantikan harus ditunda sebab kemenangan Hadianto Rasyid-Reni Lamadjido digugat oleh paslon Hidayat-Habsayanti Ponulele. Paslon nomor urut tiga itu mengklaim terdapat beberapa pelanggaran-pelanggaran saat penyelenggaraan Pilkada sehingga merusak sendi-sendi asas Pemilukada.

Akan tetapi, pada Rabu (17/02/2021) kemarin, gugatan itu ditolak oleh MK sebab kekeliruan itu tidak bisa dibuktikan oleh pengunggat. Anwar Umar, ketua MK sebagai pemimpin sidang berdasarkan putusan NOMOR 94/PHP.KOT-XIX/2021 membacakan pengajuan PHP itu tidak dapat diterima karena tidak dapat menyakinkan MK. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....